3 Fakta Menarik Usai Belanda Hajar Senegal di Piala Dunia 2022 

Lewat dua gol telat, De Oranje kalahkan Senegal

Jakarta, IDN Times - Belanda sukses mengawali Piala Dunia 2022 dengan manis. Meski harus bersusah payah, De Oranje mampu mengalahkan Senegal dengan skor 2-0, Senin (21/11/2022) malam WIB di Al Thumama Stadium.

Kemenangan itu didapat lewat dua gol telat yang diciptakan Cody Gakpo (84') dan Davy Klaassen (90+9'). Dari hasil positif yang diraih Belanda, ada sejumlah catatan unik yang tercipta. Berikut IDN Times sajikan, melansir Opta dan situs resmi FIFA.

1. Meledaknya sang wonderkid

3 Fakta Menarik Usai Belanda Hajar Senegal di Piala Dunia 2022 Selebrasi Cody Gakpo dan Frenkie de Jong saat mebobol gawang Senegal, Senin (21/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup).

Gakpo menjadi sorotan usai membantu Belanda menang. Bergerak ke area kosong, pemain berusia 23 tahun itu menyambar umpan manis yang dikirim Frenkie de Jong dengan kepalanya.

Ternyata, gol itu membuat torehan Gakpo di Piala Dunia dengan Eredivisie sama. Gakpo baru sekali mencetak gol lewat sundulan di Eredivisie dalam 106 penampilannya bersama PSV Eindhoven. Sedangkan, baru sekali main bareng Belanda di Piala Dunia, Gakpo langsung cetak gol lewat kepalanya.

Baca Juga: Van Dijk: Belanda Beruntung Mane Absen

2. Debut manis Andries Noppert

Selain Gakpo, Andries Noppert yang berjaga di bawah mistar Belanda juga perlu diberikan apresiasi besar. Penampilannya sukses membuat barisan depan Senegal frustrasi.

Yang menarik, laga tersebut menjadi debutnya bersama De Oranje. Dia menjadi pemain kedua Belanda yang melakoni debut bareng tim nasional di Piala Dunia. Sebelumnya, ada pemain yang menorehkan hal serupa, yakni Dick Schoenaker pada 1978 silam.

3. Louis van Gaal catat rekor pribadi

3 Fakta Menarik Usai Belanda Hajar Senegal di Piala Dunia 2022 Louis van Gaal (twitter.com/onsoranje)

Hasil ini juga menjadi kemenangan ke-38 Louis van Gaal sebagai pelatih Belanda. Dia menjadi pelatih Belanda dengan kemenangan terbanyak, melewati catatan Dick Advocaat (37).

Selanjutnya, Belanda akan menghadapi tuan rumah, Qatar, pada Selasa (29/11/2022). Duel tersebut bakal tersaji di Stadium Al Bayt, Al Khor, puku 22.00 WIB.

Baca Juga: 2 Gol Telat Bantu Belanda Sikat Senegal

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya