3 Fakta Usai Barcelona Susul Madrid ke Final Piala Super Spanyol

Barcelona ke final usai gebuk Osasuna

Jakarta, IDN Times - Barcelona sukses menggebuk Osasuna dengan skor 2-0 untuk melaju ke final Piala Super Spanyol, Jumat (12/1/2024) dini hari WIB. El Clasico pun bakal tersaji karena Real Madrid telah menunggu di partai puncak.

Barcelona sebenarnya telat panas, permainannya mentok meski tampil begitu mendominasi. Kebuntuan Blaugrana baru pecah berkat gol Robert Lewandowski menit 59.

Setelahnya, Barcelona kembali mengalami kebuntuan. Tim asuhan Xavi Hernandez baru mampu menggandakan keunggulan lewat aksi bocah ajaib Barcelona Lamine Yamal, menit 90+3.

Duel yang dimenangkan Ilkay Guendogan dan kolega ini ini pun melahirkan sejumlah fakta menarik. Dilansir dari Opta dan sumber lain, berikut IDN Times sajikan buat kamu.

1. Barcelona punya jimat baru

3 Fakta Usai Barcelona Susul Madrid ke Final Piala Super SpanyolPotret Robert Lewandowski saat Barcelona melawan Osasuna, Jumat (12/1/2024). (Twitter/@FCBarcelona).

Barcelona sudah difavoritkan menang sejak Lewandowski mencetak gol. Sebab, bomber Polandia itu kini menjadi jimat milik Blaugrana. Setiap Lewandowski mencetak gol, persentase kemenangan Barcelona begitu tinggi.

Barcelona baru merasakan lima kekalahan dari 31 laga terakhir, kala Lewandowski mencatatkan namanya di papan skor. Kekalahan terakhir diderita Barcelona saat melawan Girona pada 10 Desember 2023 lalu.

Baca Juga: 5 Penyerang Brasil Tersukses di Barcelona, Vitor Roque Menyusul?

2. Barcelona back to back ke final

3 Fakta Usai Barcelona Susul Madrid ke Final Piala Super SpanyolBarcelona ke final Piala Super Spanyol usai tekuk Osasuna, Jumat (12/1/2024). (Twitter/@FCBarcelona).

Barcelona akhirnya melaju ke final Piala Super Spanyol secara back to back. Musim lalu, El Barca juga menembus final dan berakhir sebagai juara.

Pencapaian ini kali terakhir dicatat Barcelona pada 2016 lalu. Fakta menariknya, Barcelona selalu menjadi juara ketika melaju ke final secara back to back.

3. El Clasico ketiga musim ini

3 Fakta Usai Barcelona Susul Madrid ke Final Piala Super SpanyolSelebrasi Jude Bellingham usai membobol gawang Barcelona, Sabtu (28/10/2023). (Twitter/@realmadriden).

Duel final antara Madrid kontra Barcelona akan dihelat pada 15 Januari 2024 mendatang. Pertemuan nanti sekaligus menjadi El Clasico ketiga pada musim ini.

Laga ini sebenarnya menjadi monumental buat kedua tim. Bedanya, Barcelona ingin menjadi juara secara back to back, sedangkan Madrid ingin balas dendam setelah dipermalukan 1-3 di final musim lalu.

Baca Juga: Alvaro Morata Jadi Korban Kejahilan Antonio Rudiger di Derbi Madrid

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya