Bawa Modal Oke Saat TC, Timnas U-23 Pede Curi Poin dari Qatar

Shin Tae Yong minta anak asuhnya tak ciut nyali bersua Qatar

Jakarta, IDN Times - Timnas U-23 Indonesia bakal bentrok dengan tuan rumah Qatar dalam laga perdananya di Grup A Piala Asia U-23 2024, Senin (15/4/2024) malam WIB. Garuda Muda percaya diri bisa mencuri poin dari tuan rumah.

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong merasa anak asuhnya memiliki modal untuk mencatat start mulus dalam debutnya di Asia. Itu karena Garuda Muda mendapatkan hasil positif dalam pemusatan latihan (TC) di Dubai, pada awal April 2024 lalu.

1. Performa dan kepercayaan diri meningkat

Bawa Modal Oke Saat TC, Timnas U-23 Pede Curi Poin dari QatarTimnas U-23 lawan Uni Emirat Arab di uji coba. (Dok. PSSI)

Performa Marselino Ferdinan dan kawan-kawan mengalami peningkatan usai mencicipi kekuatan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Meski hanya menang dari UEA, Shin menyebut hasil itu mendongkrak kepercayaan diri Garuda Muda.

"Kami punya pengalaman yang baik. Di Dubai kami menjalani dua laga uji coba melawan Arab Saudi dan UEA. Performa kami meningkat, kepercayaan diri pemain juga meningkat," kata Shin dalam jumpa pers jelang laga.

Baca Juga: Shin Tae Yong Mau Timnas U-23 Raih Tiket Olimpiade 2024

2. Sudah siapkan skema permainan

Bawa Modal Oke Saat TC, Timnas U-23 Pede Curi Poin dari QatarPotret latihan perdana Timnas Indonesia U-23 di Dubai, Selasa (2/4/2024). (dok. PSSI)

Uji coba kontra Arab dan UEA merupakan momentum Shin mensimulasikan taktik untuk menantang Qatar. Itu juga berlaku juga saat berjumpa Yordania dalam lanjutan Grup A.

Shin berharap Ivar Jenner dan kawan-kawan bisa menjalankan skemanya dengan baik demi mengukir start mulus di turnamen ini. Sebab, tren positif di laga perdana dibutuhkan Timnas U-23 andai ingin menjaga asa lolos ke fase gugur.

"Dua laga itu membantu tim kami, saya bisa mengatakan dua uji coba ini bisa mempersiapkan laga khususnya melawan Qatar dan Yordania. Kami melakukan persiapan yang baik sejauh ini," ujar Shin.

3. Timnas U-23 gak boleh ciut nyali

Bawa Modal Oke Saat TC, Timnas U-23 Pede Curi Poin dari QatarPelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong hadiri jumpa pers jelang laga Grup A Piala Asia U-23 Qatar, Minggu (14/4/2024). (Dok. PSSI).

Juru taktik asal Korea Selatan itu juga meminta para pemainnya tak ciut nyali walau bersua Qatar. Hal itu dibutuhkan untuk meredam tekanan tuan rumah yang tampil di depan publiknya sendiri.

"Saya hanya memberikan kepercayaan diri kepada para pemain. Saya bilang ke mereka untuk tidak perlu merasakan banyak tekanan. Dan kami akan mencoba melakukan yang terbaik dan menunjukkan kekuatan kami," kata Shin.

Baca Juga: Skuad Final Indonesia untuk Piala Asia U-23 2024, Ada Justin Hubner

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya