Bek Crystal Palace Jairo Riedewald Bersedia Bela Timnas Indonesia

Riedewald keturunan Manado, sudah minta untuk dinaturalisasi

Jakarta, IDN Times - Bek Crystal Palace, Jairo Riedewald bersedia memperkuat Timnas Indonesia. Riedewald sudah menyatakan minat menjalani proses naturalisasi, demi menyandang status WNI.

Hal itu dikatakan langsung oleh mantan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani. Hasani menyebut kalau kerabat Riedewald di Indonesia sudah menghubunginya.

Baca Juga: Jairo Riedewald, Pemain Crystal Palace Berdarah Indonesia

1. Riedewald keturunan Manado

Bek Crystal Palace Jairo Riedewald Bersedia Bela Timnas IndonesiaJairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Bisa Bela Indonesia (transfermarkt.com)

Bek 27 tahun itu pemain keturunan Indonesia asal Belanda. Darah Indonesia mengalir dari neneknya, yang berasal dari Manado.

Pada pekan lalu, Hasani mengaku dihubungi kakak dari neneknya Riedewald. Sumber yang tak disebutkan namanya itu menyatakan kalau pemain Crystal Palace itu ingin dinaturalisasi oleh PSSI.

"Minggu lalu seseorang mengkontak saya, mengatakan cucunya ingin bermain untuk Timnas. 'Siapa cucunya,' tanya saya. 'Dia sekarang bermain di Crystal Palace' jawab beliau. 'Jairo Riedewald? Bukankah Jairo turunan Suriname?'. 'Neneknya Jairo, adek saya. Kami berasal dari Manado,' jawab beliau," tulis Hasani di Instagramnya.

Baca Juga: Lawan Jepang, Justin Hubner Minta Timnas Indonesia Tak Ciut Nyali

2. Sudah lama masuk radar PSSI

Bek Crystal Palace Jairo Riedewald Bersedia Bela Timnas IndonesiaJairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Bisa Bela Indonesia (skysports.com)

Sebenarnya, eks pemain Ajax Amsterdam itu sudah lama masuk radar PSSI untuk dinaturalisasi. Namun, federasi ragu terkait garis keturunannya karena belum memiliki bukti kuat.

"Sudah lama nama Jairo Riedewald muncul disaat PSSI ingin merekrut pamain diaspora. Tapi selama ini ragu, kalau pemain dari Crystal Palace ini punya hubungan darah dengan Indonesia. Kabarnya Jairo keturunan dari Suriname," kata Hasani.

Baca Juga: Ranking FIFA Indonesia Naik, PSSI: Tertinggi dalam 5 Tahun Terakhir

3. Sudah bela Belanda, tetap bisa main di Timnas Indonesia?

Bek Crystal Palace Jairo Riedewald Bersedia Bela Timnas IndonesiaJairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Bisa Bela Indonesia (ajax.nl)

Namun, dalam prosesnya nanti, PSSI diprediksi bakal menemui hambatan. Itu karena Riedewald sudah melakoni lima laga bersama tim senior Belanda. Hanya saja, Hasani berharap federasi bisa menuntaskan naturalisasi Riedewald.

"Kalau benar dan secara administrasi bisa dilengkapi, tentu Timnas Indonesia sangat diuntungkan bisa mendapat pemain grade A ini. Mudah-mudahan terjadi," ujar Hasani.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya