Comscore Tracker

Bertolak ke Turki, Menpora Yakin Timnas Amputee Berprestasi

Timnas Amputee Indonesia dilepas Menpora RI Zainudin Amali

Jakarta, IDN Times - Timnas Amputee Indonesia bertolak ke Turki untuk mentas di Piala Dunia Amputee 2022, Selasa (27/9/2022). Aditya dan kawan-kawan dilepas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali dengan rasa optimisme yang tinggi.

"Dengan mengucap bismillah, saya melepas secara resmi Timnas Amputee Indonesia yang akan bertanding di Piala Dunia," kata Amali dalam pelepasan di Kantor Menpora, Selasa (27/9/2022).

1. Optimisme Timnas Amputee kian meninggi

Bertolak ke Turki, Menpora Yakin Timnas Amputee BerprestasiTimnas Amputee Indonesia saat latihan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (3/8/2022). (IDN Times/Tino)

Tim asuhan Bayu Guntoro akhirnya bertolak ke Turki setelah melakukan pemusatan latihan (TC) selama tiga bulan. Perkembangan mereka dipaparkan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI), Yudhi Yahya.

Yudhi berujar, Timnas Amputee sudah makin berkembang. Fisik dan taktik mereka meningkat drastis setelah melakoni TC selama tiga bulan. Maka dari itu, mereka kian optimistis meraih prestasi di Piala Dunia.

"Progres kami luar biasa. Fisik dan taktik telah meningkat. Kami yakin bisa tembus delapan besar," kata Yudhi.

Baca Juga: Masuk Grup Neraka, Pelatih Timnas Amputee Indonesia Sebut Target Juara

2. Berada di grup neraka, Timnas Amputee tak boleh gentar

Bertolak ke Turki, Menpora Yakin Timnas Amputee BerprestasiLatihan Timnas Indonesia Amputee, Senin (27/6/2022). (IDN Times/Tino Satrio)

Timnas Amputee bisa dikatakan tergabung di grup neraka dalam Piala Dunia kali ini. Mereka bakal bertarung bersama Argentina, Inggris dan Amerika Serikat di Grup C. Petualangan mereka di fase grup bakal dimulai pada 1 hingga 9 Oktober 2022 mendatang.

Walau berat, Amali meminta Timnas Amputee bisa tampil lepas. Sebab, Amali tahu betul kualitas Aditya dan kawan-kawan. Alhasil, para pemain bisa mengharumkan nama bangsa di ajang bergengsi ini.

"Perkembangan mereka luar biasa. Saya pernah saksikan uji coba mereka. Saya optimistis mereka bisa berikan yang terbaik untuk Indonesia," ujar Amali.

3. Dana Timnas Amputee aman usai dapat bantuan dari Jokowi

Bertolak ke Turki, Menpora Yakin Timnas Amputee BerprestasiPresiden RI Joko "Jokowi" Widodo menerima pengurus Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) dan para atlet (Dok.Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Timnas Amputee sempat mengalami kesulitan karena kurangnya pendanaan. Namun, kendala itu sudah bisa teratasi setelah bertemu Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo di Istana Negara, 21 September 2022 lalu.

"Tambah sedikit sangu untuk bapak, ibu, sekalian ke pertandingan yang akan diadakan di Turki 1 hingga 9 Oktober 2022 nanti sebesar Rp500 juta. Nanti kalau pulang juara, beda soal," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jalani Tes Medis, Timnas Amputee Indonesia Siap Tempur di Piala Dunia 

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya