Brasil Ukir Sejarah Buruk, Gak Lolos Olimpiade 2024

Sepak bola Olimpiade 2024 tak dimeriahkan juara bertahan

Jakarta, IDN Times - Brasil dipastikan absen dalam cabang olahraga (cabor) sepak bola di Olimpiade Paris 2024. Fakta ini membuat Tim Samba mengukir sejarah buruk, karena pertama kalinya tumbang di kualifikasi sejak 2004 lalu.

Brasil gagal mengamankan tiket ke Olimpiade setelah keok dari Argentina dalam laga pamungkas babak final grup, Senin (12/1/2024). Tim asuhan Ramon Menezes menyerah dengan skor tipis, 0-1.

1. Brasil memang tampil loyo

Brasil Ukir Sejarah Buruk, Gak Lolos Olimpiade 2024Brasil gagal lolos ke Olimpiade Paris 2024. (Twitter/@CBF_Futebol).

Dalam laga ini, Endrick Felipe dan kawan-kawan memang kurang garang. Brasil gagal mengembangkan permainan, karena ditekan Argentina sepanjang laga.

Menilik statsitik, Brasil hanya mampu mencatat 39 persen penguasaan bola. Situasi itu diperparah dengan tumpulnya di lini depan. Dari sembilan tembakan percobaan, hanya tiga yang mengarah ke gawang.

Baca Juga: Gagal di Tokyo Jadi Cambuk Fajar/Rian Tembus Olimpiade 2024

2. Luciano Gondou jadi pahlawan Argentina

Brasil Ukir Sejarah Buruk, Gak Lolos Olimpiade 2024Selebrasi Luciano Gondou usai bobol gawang Brasil. (Twitter/@Argentina).

Brasil sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk melaju ke putaran final Olimpiade Paris 2024. Tambahan satu poin sudah cukup untuk membantu mereka menjadi runner up final grup.

Namun, skenario itu digagalkan oleh Luciano Gondou. Striker Argentinos Juniors sukses membuat tim rival gigit jari, usai mencatatkan namanya di papan skor menit 78.

3. Siapa saja wakil CONMEBOL di Olimpiade 2024?

Brasil Ukir Sejarah Buruk, Gak Lolos Olimpiade 2024Logo Olimpiade (unsplash.com/Shinnosuke Ando)

Gol tunggal Gondou sukses membantu Argentina menyegel tempat di Olimpiade Paris 2024 sebagai runner up dengan lima poin. Argentina menyusul Paraguay yang sudah dipastikan lolos sebagai jawara final grup.

Hasil ini cukup mengejutkan mengingat Brasil difavoritkan lolos ke putaran final. Sebab, mereka berstatus sebagai juara bertahan, usai menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga: Meksiko Batal Ikut Bidding Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya