Calvin Verdonk dan Jens Raven Segera Jadi Amunisi Timnas Indonesia

Urus berkas proses naturalisasi

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia dipastikan segera memiliki dua amunisi naturalisasi anyar. Mereka adalah pemain keturunan asal Belanda, Calvin Verdonk dan Jens Raven.

Verdonk dan Raven sudah mendarat di Jakarta pada Selasa (30/4/2024). Saat tiba, mereka langsung menemui Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

1. Calvin Verdonk dan Jens Raven Urus berkas naturalisasi

Calvin Verdonk dan Jens Raven Segera Jadi Amunisi Timnas Indonesiafoto Calvin Verdonk saat menghadapi PEC Zwolle (instagram.com/c.verdonk)

Kedatangan keturunan asal Belanda itu tentu saja untuk mengurus berkas yang dibutuhkan dalam proses naturalisasi. Soal kapan mereka bisa menjadi WNI, Erick tidak memberikan rinciannya lebih lanjut.

"Calvin Verdonk dan Jens Raven dalam proses naturalisasi," kata Erick di laman resmi PSSI.

Baca Juga: Berhentinya Tuah Abdullah bin Khalifa untuk STY dan Timnas U-23

2. Bisa tampil lawan Irak dan Filipina?

Calvin Verdonk dan Jens Raven Segera Jadi Amunisi Timnas IndonesiaJens Raven, calon pemain naturalisasi asal Belanda yang memiliki darah Yogyakarta dari neneknya (instagram.com/jensraven9)

Andai prosesnya cepat, Verdonk dan Raven tentu berkesempatan mengukir debutnya saat Timnas menjamu Irak dan Filipina dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga tersebut dihelat di Indonesia, awal Juni 2024 mendatang.

Namun, kans Verdonk dan Raven tampil dalam laga tersebut tampak begitu kecil. Menilik dari proses Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan sederet pemain naturalisasi lain, waktunya cukup lama untuk bisa menjadi WNI.

Baca Juga: Timnas U-23 Kalah Lawan Uzbekistan, Jokowi: Masih Ada Harapan Juara 3

3. Profil singkat Calvin Verdonk dan Jens Raven

Calvin Verdonk dan Jens Raven Segera Jadi Amunisi Timnas IndonesiaJens Raven, Shin Tae-yong, dan Rafael Struick (instagram.com/shintaeyong7777)

Verdonk merupakan pemain NEC Nijmegen yang berlaga di kasta tertinggi Belanda, Eredivisie. Usia Verdonk cukup matang, yakni 27 tahun.

Pria kelahiran Dordrecht itu menjadi opsi yang menarik buat pelatih Shin Tae Yong karena merupakan pemain serbabisa. Verdonk bisa diplot sebagai bek kiri, bek tengah hingga gelandang bertahan.

Sementara, usia Raven yang bermain untuk FC Dordrechtjauh jauh lebih muda, yakni 18 tahun. Pemain kelahiran 12 Oktober 2005 itu memiliki posisi yang sama dengan Rafael Struick.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya