CEK FAKTA: Justin Hubner Absen Lawan Irak?

Hubner akumulasi gak nih?

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 akan menantang Irak dalam perebutan juara tiga Piala Asia U-23 2024, Kamis (2/5/2024) malam WIB. Dalam laga ini, ketersediaan Justin Hubner pun menjadi pertanyaan publik.

Status Hubner dipertanyaakan karena diklaim absen oleh AFC. Tentu ini suatu kerugian, karena Garuda Muda juga kehilangan Rizky Ridho yang mendapat kartu merah kontra Uzbekistan.

Lalu, seperti apa kebenarannya? Berikut IDN Times ulas fakta sebenarnya.

1. Hubner diklaim absen oleh AFC

CEK FAKTA: Justin Hubner Absen Lawan Irak?Justin Hubner memperkuat timnas Indonesia U-23 dalam laga kontra Australia di Piala Asia U-23 2024 (dok. PSSI)

AFC mengklaim Hubner absen karena sudah mengantongi dua kartu kuning sepanjang turnamen. Kartu kuning itu didapat saat mengalahkan Yordania di Grup A dan kala dibungkam Uzbekistan di semifinal.

Mereka menggunakan dalil serupa dengan Rafael Struick. Bomber 21 tahun itu absen karena akumulasi kartu kuning yang didapatnya kala mengalahkan Yordania dan Korea Selatan di perempat final.

"Mantan pelatih Korea Selatan (Shin Tae Yong), yang sudah menciptakan sejarah dengan membawa tim debutan (Timnas) hingga ke titik ini, harus menghadapi Irak dengan absennya Rizky Ridho selaku kapten tim dan Justin Hubner yang merupakan kunci dari formasi tiga bek," bunyi keterangan AFC dalam pratinjau Timnas U-23 versus Irak.

Baca Juga: Ketajaman Ali Jasim Jadi Ancaman Buat Timnas U-23

2. Hubner berbeda kasus dengan Rafael

CEK FAKTA: Justin Hubner Absen Lawan Irak?Selebrasi Rafael Struick usai jebol gawang Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Jumat (26/4/2024). (the-afc).

Menilik regulasi Piala Asia U-23 2024, kasus Hubner berbeda dengan Struick. Sebab, kartu kuning yang didapat di fase gugur dihapus di semifinal. Itu sesuai dengan regulasi di pasal 54.1.4.

"Setiap pemain atau ofisial yang berpartisipasi dalam babak grup dan perempat final yang hanya menerima satu (1) peringatan (kartu kuning) tidak akan membawa peringatan tersebut ke semi final," bunyi regulasi Piala Asia U-23 2024.

3. Sesuai regulasi, Hubner bisa main

CEK FAKTA: Justin Hubner Absen Lawan Irak?Justin Hubner saat akan menendang pinalti melawan Korea Selatan (youtube.com/afcasiancup)

Dengan begitu, Hubner dipastikan bisa main karena hanya kartu kuning kontra Uzbekistan yang masuk dalam hitungan. Asisten pelatih Timnas U-23, Nova Arianto, juga menyatakan demikian.

"Hubner bisa main, karena sebelum ke semifinal ada pemutihan kartu. Kecuali, pemain yang mendapat kartu kuning saat melawan Korea Selatan," kata Nova kepada IDN Times.

Baca Juga: Justin Hubner, Sempat Gagal Penalti Hingga Timnas U-23 Lolos

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya