CEK FAKTA: Manchester United Bakal Pecat Erik Ten Hag?

Seperti apa kebenarannya?

Jakarta, IDN Times - Manchester United digadang-gadang bakal memecat Erik ten Hag dari kursi manajer. Kabar ini menguat setelah Setan Merah gagal total di Liga Champions musim ini, lantaran finis sebagai juru kunci Grup A.

Di bawah kendali Ten Hag, Bruno Fernandes dan kolega hanya mampu meraih sebiji kemenangan dari enam laga. Sisanya, MU menelan empat kekalahan dan sekali bermain imbang.

Menarik untuk ditelusuri seperti apa kebenaran rumor Ten Hag yang hendak ditendang dari Old Trafford. Dilansir dari beberapa sumber, berikut IDN Times sajikan buat kamu.

1. MU belum berencana pecat Ten Hag

CEK FAKTA: Manchester United Bakal Pecat Erik Ten Hag?Potret Erik Ten Hag saat Manchester United menghadapi Galatasaray, Kamis (30/11/2023). (uefa.com).

Menurut pakar transfer Italia, Fabrizio Romano, jajaran direksi MU tidak berencana untuk memecat Ten Hag inkonsistensi yang dialami klub. Romano menyiarkan kabar tersebut, 3 November 2023 lalu.

Menurut pantauan IDN Times, setelah cuitan itu, Romano tak pernah membahas masa depan juru taktik asal Belanda itu di Twitter pribadinya. Dalam cuitan itu pula, Romano menyangkal kalau isu pemecatan Ten Hag hoaks.

"Manchester United menolak opsi untuk menggantikan Ten Hag dengan manajer baru. Sumber-sumber di klub menjamin cerita tentang manajer baru tidak benar," tulis Romano pada 3 November 2023 lalu.

Baca Juga: Ratcliffe Mulai Bergerak, Sinyal Pemecatan Erik Ten Hag Menguat

2. Ratcliffe bisa depak Ten Hag?

CEK FAKTA: Manchester United Bakal Pecat Erik Ten Hag?Sir Jim Ratcliffe (ogcnice.com)

Kabar terbaru dari The Sun, Graham Potter menjadi opsi terdepan untuk menggantikan peran Ten Hag. Itu setelah Sir Jim Ratcliffe selaku calon investor klub dikabarkan menemui eks manajer Chelsea tersebut.

Saat resmi memegang 25 persen saham Setan Merah, Ratcliffe memang mendapat keistimewaan untuk mengambil keputusan. Namun, keputusan Ratcliffe tidak akan mutlak karena Keluarga Glazer tetap memiliki pengaruh.

Sky Sports melansir, Joel Glazer bersikeras mempertahankan pengaruhnya dalam pengambilan keputusan terkait sepak bola. Hal tersebut membuat Sir Jim Ratcliffe membiarkan pria 56 tahun itu untuk menetap di kursi komite.

3. Pecat Ten Hag bukan solusi

CEK FAKTA: Manchester United Bakal Pecat Erik Ten Hag?Manajer MU, Erik ten Hag dalam jumpa pers jelang laga. (uefa.com).

MU memang belum mampu mengembalikan kejayaannya seperti saat di bawah tangan dingin Sir Alex Ferguson. David Moyes, Louis van Gaal, Jose Mourinho, Ole Gunnar Solskjaer, hingga Ralf Rangnick, gagal membuat Setan Merah panen trofi.

Legenda MU, Gary Neville, berpendapat kalau memecat Ten Hag bukan solusi terbaik untuk meningkatkan derajat tim yang bermarkas di Old Trafford itu. Sebab, Neville menilai, Ten Hag tidak layak untuk disalahkan atas melempemnya MU musim ini.

"Mereka tidak seharusnya mengganti dia di musim ini. Gagasan untuk memecat Ten Hag betul-betul tidak masuk akal, saya tidak setuju dengan hal itu," kata Neville dilansir Sky Sports.

Baca Juga: Ten Hag Rawan Dipecat, MU Kian Agresif Dekati Eks Pelatih Madrid

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya