Duet Ciro-David Bantu Persib Permak Madura United

Persib selangkah lagi juara Championship Series

Intinya Sih...

  • Persib Bandung menang telak 3-0 atas Madura United pada final Championship Series Liga 1 leg pertama.
  • Persib kesulitan menembus pertahanan Madura United di babak pertama, namun berhasil mendominasi permainan pada babak kedua.
  • Gol-gol dari Ciro Alves dan David da Silva membuat Persib unggul agregat tiga gol dan berpeluang besar menjadi juara.

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung sukses menggilas Madura United pada final Championship Series Liga 1 leg pertama, Minggu (26/5/2024). Maung Bandung yang sempat kesulitan di babak pertama pada akhirnya menang dengan skor 3-0.

Duel di Stadion Si Jalak Harupat sebenarnya berlangsung alot sejak peluit kick-off dibunyikan. Persib yang mendominasi penguasaan bola kesulitan menembus soliditas pertahanan Madura United.

Sementara, Laskar Sape Kerrab yang cenderung melancarkan serangan balik juga mentok di sepertiga akhir lapangan lawan. Skema bola mati mereka juga berbahaya, namun gagal membuahkan hasil.

Persib mengandalkan kecepatan di sektor sayap untuk membongkar soliditas pertahanan Laskar Sape Kerrab. Ciro Alves dan Febri Hariyadi yang kerap melakukan tusukan ke area tengah.

Upaya tersebut nyaris membuahkan hasil menit 19. Cukup disayangkan, setelah meliuk-liuk di dekat kotak penalti dan melewati dua pemain lawan, tembakan Ciro justru lemah hingga mudah diamankan kiper Lucas Frigeri.

Saat memasuki menit krusial babak pertama, Persib menciptakan banyak peluang berbahaya. Namun, penyelesaian akhir tuan rumah buruk hingga harus rela ditahan 0-0 di jeda turun minum.

Babak kedua, Persib kembali mendominasi permainan. Intensitas mereka meningkat, tetapi pertahanan Madura United yang digalang Cleberson Martins dan kolega begitu sulit ditembus.

Segala upaya dilancarkan David da Silva dan kawan-kawan untuk membongkar rapatnya pertahanan tim tamu. Tribune Si Jalak Harupat akhirnya bergemuruh setelah Ciro Alves menggetarkan jala Laskar Sape Kerrab, menit 70.

Gol yang dinanti-nanti lahir berkat kombinasi umpan Ciro dengan Rachmat Irianto. Umpan matang Irianto dieksekusi dengan ciamik oleh Ciro. Dia melepaskan tendangan chip ke tiang jauh.

Gol tersebut membuat serangan Persib lebih cair. Berselang enam menit, Maung Bandung nyaris menggandakan keunggulan andai tandukan Nick Kuipers tak membentur tiang gawang.

Persib sedikit menurunkan tempo pascaunggul. Momentum itu dimanfaatkan Madura United untuk meningkatkan intensitasnya. Skema serangan yang dimotori Francisco Rivera terorganisir dengan rapi, namun selalu hilang di sepertiga akhir lapangan.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Madura United kembali kecolongan. Kali ini, giliran David da Silva yang menjebol gawang Lucas Frigeri, menit 90+4, usai menanduk umpan matang Stefano Beltrame.

Persib belum puas. Mereka terus menggempur pertahanan Madura United, untuk mengincar gol tambahan. Pada akhirnya, David da Silva mampu memastikan kemenangan dengan skor 3-0 usai tembakan datar akuratnya melesat ke pojok kanan gawang Laskar Sape Kerrab.

Selanjutnya, giliran Pangeran Biru yang bertandang ke markas Madura United pada leg kedua final Championship Series Liga 1, 31 Mei 2024. Posisi Persib diuntungkan, karena unggul agregat tiga gol.

Baca Juga: Gol Cantik Ciro Alves Bawa Persib Ungguli Madura United

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya