Erick Thohir Bisa Tetap Jadi Menteri Meski Pimpin PSSI

Tidak terbentur Statuta PSSI

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN, Erick Thohir, pada akhirnya berhasil menjadi pemenang dalam kontestasi politik PSSI. Dia sukses mengalahkan Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, dalam perburuan kursi Ketua Umum dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Kamis (16/2/2023).

Dengan majunya Erick sebagai Ketua Umum, publik tentu bertanya-tanya soal statusnya sebagai menteri dan Ketua Umum PSSI. Apakah dengan menjabat Ketua Umum, Erick harus meletakkan jabatan sebagai menteri? Seperti apa sebenarnya aturannya?

1. Tidak ada larangan di Statuta PSSI

Erick Thohir Bisa Tetap Jadi Menteri Meski Pimpin PSSILogo PSSI. (Website/pssi.org)

Persoalan itu ternyata tidak dilarang dalam Statuta PSSI. Hal tersebut juga dijelaskan Ketua Komite (KP) KLB PSSI, Amir Burhanuddin. Keduanya tetap bisa menjalankan amanahnya di Kabinet Indonesia Maju.

"Di Statuta PSSI, tidak melarang mereka atas jabatan yang diemban sekarang. Dalam Statuta PSSI dijelaskan syarat-syaratnya. Ini akan menjadi materi verifikasi kami berupa administratif dan syarat-syarat yang diatur statuta," kata Amir saat mengumumkan daftar bakal calon.

2. Pengamat juga angkat suara

Erick Thohir Bisa Tetap Jadi Menteri Meski Pimpin PSSIBola Piala AFF 2022. (IDN Times/Tino).

Pengamat sepak bola nasional, Sigit Nugroho, juga menyebut status Erick tak masalah. Bahkan, ketika pencalonan, banyak yang merupakan pejabat publik dan itu tidak bermasalah. Menurutnya, tidak ada aturan yang melarang seorang pejabat negara merangkap jabatan sebagai ketua organisasi olahraga.

Dalam beberapa kasus, memang sudah terjadi hal serupa. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, sebenarnya juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia, periode 2022-2026.

"Tidak masalah, dalam Undang-undang (UU) Nomor 11 tahun 2022 tentang Keolahragaan. Poin utama, Ketua Umum federasi olahraga harus memiliki kompetensi di bidang keolahragaan dan bisa dipilih oleh masyarakat," kata Sigit Nugroho dalam keterangannya.

3. Kehadiran Erick Thohir panaskan KLB

Erick Thohir Bisa Tetap Jadi Menteri Meski Pimpin PSSIErick Thohir saat datang ke Kantor PSSI, Minggu (15/1/2023). (IDN Times/Tino).

Sigit menyatakan kehadiran Erick dalam bakal calon Ketum PSSI menjadi hal yang menarik. Maklum, Erick memiliki segudang pengalaman di dunia sepak bola baik internasional dan nasional. Itu menjadi modal kuat baginya, dalam pemilihan nanti.

"Dari sisi ini, Erick Thohir tidak melanggar. Apalagi, bicara soal kompetensi dia komplet. Pernah jadi Presiden Inter Milan, memiliki klub di MLS. Kiprah dia di sepak bola sudah level internasional," kata Sigit.

Baca Juga: Erick Thohir Usai Jadi Ketum PSSI: Kami Belum Menang

Baca Juga: 4 Langkah Erick Thohir Usai Jadi Ketua Umum PSSI

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya