Erick Thohir Masih Belum Bisa Jamin Nasib Shin Tae Yong

Masa depan Shin Tae Yong masih abu-abu

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, masih belum bisa memastikan nasib Shin Tae Yong di kursi pelatihan Timnas Indonesia. Masa depan Shin masih abu-abu meski membawa skuad Garuda ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Erick belum berani memberikan garansi perpanjangan kontrak, karena kinerja Shin masih perlu ditinjau. Setidaknya, posisi Shin tetap aman hingga Juni 2024 mendatang.

1. Tunggu kinerja Shin di Piala Asia U-23 2023?

Erick Thohir Masih Belum Bisa Jamin Nasib Shin Tae YongKetua Umum PSSI, Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (26/1/2024). (IDN Times/Tino)

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu masih ingin melihat kinerja Shin di Piala Asia U-23 2023. Kalau menjanjikan, juru taktik asal Korea Selatan itu kemungkinan besar di perpanjang hingga 2027 mendatang.

"Kan ada dua waktu itu, satu target daripada timnas senior lolos 16 besar. Lalu untuk Piala Asia U-23 lolos 16 besar juga. Jadi, masih ada PR tambahan gitu. Kita sama-sama jaga profesional," kata Erick saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (26/1/2024).

Baca Juga: Lolos 16 Besar, Shin Tae Yong: Tuhan Lihat Kerja Keras Timnas!

2. Timnas lolos 16 besar dengan susah payah

Erick Thohir Masih Belum Bisa Jamin Nasib Shin Tae YongPotret Shin Tae Yong saat Timnas Indonesia melawan Jepang di Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024). (Dok. PSSI).

Performa skuad Garuda di babak penyisihan grup Piala Asia 2023 memang kurang meyakinkan. Timnas hanya mampu meraih sebiji kemenangan, kala menekuk Vietnam 1-0. Sementara, mereka keok dengan margin dua gol dari Irak dan Jepang.

Kondisi itu membuat skuad Garuda nyaris angkat koper. Namun, mereka mendapat keajaiban untuk lolos lewat jalur peringkat tiga terbaik, setelah Oman ditahan imbang Kyrgyzstan dalam laga pamungkas Grup F.

3. Erick minta Timnas jangan cepat puas

Erick Thohir Masih Belum Bisa Jamin Nasib Shin Tae YongSelebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Jepang di Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024). (the-afc.com).

Selanjutnya, Timnas Indonesia bakal bersua Australia di babak 16 besar. Erick berpesan kepada Witan Sulaeman dan kawan-kawan agar tak larut dalam euforia, karena bakal menghadapi negara peringkat 25 FIFA.

"Saya sudah bilang jangan berpuas diri mentang-mentang sudah 16 besar. Kita harus kasih yang terbaik, siapa tahu ada kejutan-kejutan lainnya," ujar Erick.

Baca Juga: AFC Kucurkan Rp15,6 Miliar Bantu Pembangunan TC PSSI di IKN

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya