FIFA Segera Umumkan Jadwal dan Venue Piala Dunia 2026

Piala Dunia 2026 digelar di AS, Meksiko dan Kanada

Jakarta, IDN Times - FIFA segera mengumumkan jadwal final Piala Dunia 2026 yang dihelat di Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada. Jadwal kick-off dan venue pertandingan secara resmi akan diputuskan pada 4 Februari 2024 mendatang.

"Program spesial akan disiarkan langsung di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat melalui mitra penyiaran, dan platform resmi FIFA untuk para penggemar di seluruh dunia, 4 Februari 2024," bunyi pernyataan FIFA.

1. Sejarah baru dimulai

FIFA Segera Umumkan Jadwal dan Venue Piala Dunia 2026Lionel Messi memenangkan Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina. (instagram.com/leomessi)

Piala Dunia 2026 cukup menarik perhatian karena digelar dengan kemasan yang berbeda. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, turnamen ini bakal dimeriahkan 48 negara.

Karena peserta bertambah, tontonan pertandingan yang disajikan pun kian banyak. Secara keseluruhan, Piala Dunia 2026 akan menghelat 104 pertandingan.

Baca Juga: Jalan Panjang Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

2. Venue final sudah dikerucutkan

FIFA Segera Umumkan Jadwal dan Venue Piala Dunia 2026Presiden Jokowi berkunjung ke Kantor FIFA. (Dok. PSSI).

Laporan ESPN, sejumlah stadion sudah masuk radar FIFA untuk menjadi venue di laga final. AT&T Stadium di Arlington, Texas, dan MetLife Stadium di East Rutherford, New Jersey digadang-gadang sebagai calon arena tempur pada partai puncak nanti.

"Kami sangat optimistis mengenai peluang kami menjadi tuan rumah final Piala Dunia 2026," kata Direktur Eksekutif Olaharaga Dallas, Monica Paul dilansir ESPN.

3. Piala Dunia 2026 digelar di 16 kota

FIFA Segera Umumkan Jadwal dan Venue Piala Dunia 2026Lionel Messi bersama trofi Ballon d'Or ke-8 miliknya. (Twitter/@ballondor).

Dalam rangkaiannya, Piala Dunia 2026 akan dihelat di 16 kota. Amerika mendominasi karena mendapat jatah yang cukup banyak, yakni Atlanta, Boston, Dallas, Houston, Kansas City, Los Angeles, Miami, New York atau New Jersey, Philadelphia, San Francisco Bay Area dan Seattle.

Sementara, Meksiko hanya tiga kota, yakni Guadalajara, Mexico City dan Monterrey. Kanada lebih sedikit, hanya Toronto dan Vancouver.

Baca Juga: Lionel Messi Pastikan Tak Main di Piala Dunia 2026

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya