Gegara Timnas Indonesia, Vietnam Babak Belur di Ranking FIFA

Timnas Indonesia sukses buat Vietnam merana

Jakarta, IDN Times - Vietnam mendapat tamparan keras setelah menelan dua kekalahan secara beruntun dari Timnas Indonesia. Buntutnya, posisi Vietnam di ranking FIFA, yang baru dirilis pada Kamis (4/4/2024), merosot signifikan.

Vietnam gagal bangkit setelah dikalahkan Timnas di Piala Asia pada 19 Januari 2024 lalu. Mereka justru makin terpuruk, karena keok secara back to back dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

1. Catat rekor buruk

Gegara Timnas Indonesia, Vietnam Babak Belur di Ranking FIFASelebrasi Pham Tuan Hai usai membobol gawang Jepang di Piala Asia 2023. (the-afc.com).

Kekalahan back to back dari Indonesia berdampak buruk di peringkat FIFA. Vietnam tercatat sebagai tim dengan penurunan paling buruk, karena terjun 10 peringkat ke urutan 115.

Golden Star Warriors juga tercatat sebagai tim dengan penurunan poin paling besar. Vietnam berkurang 30,04 poin setelah mengukir hasil buruk sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2024.

Baca Juga: Babak Belur Digilas Indonesia, Phillipe Troussier Dipecat Vietnam

2. Troussier dipecat

Gegara Timnas Indonesia, Vietnam Babak Belur di Ranking FIFAPelatih Vietnam, Philippe Troussier (IDN Times/Naufal Fathahillah)

Philippe Troussier menjadi orang yang paling disalahkan dalam kegagalan tersebut. Juru taktik asal Prancis itu pun dipecat, tepat setelah keok dari Indonesia di My Dinh Stadium, Hanoi, 26 Maret 2024 lalu.

Memang, performa Vietnam era Troussier mengalami penurunan. Mereka tak segarang ketika masih di bawah arahan Park Hang Seo, yang selalu berhasil membuat Indonesia kelimpungan.

3. Indonesia naik drastis

Gegara Timnas Indonesia, Vietnam Babak Belur di Ranking FIFAWitan Sulaeman dan Pratama Arhan masuk skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI).

Kemenangan beruntun atas Vietnam otomatis membuat peringkat Indonesia naik secara drastis. Pasukan Garuda menjadi tim dengan peningkatan terbaik dalam ranking FIFA.

Indonesia menyodok ke urutan 134 setelah naik delapan tingkat. Pergerakan poin tim besutan Shin Tae Yong juga menjadi yang terbesar, yakni 30,04 poin.

Baca Juga: Timnas Indonesia Melesat di Ranking FIFA, Kangkangi Malaysia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya