Gilas Thailand, Indonesia ke Final Piala AFF U-23 2023!

Indonesia akan bertemu Vietnam di laga final!

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke final Piala AFF U-23 2023. Hasil itu didapat Garuda muda usai mempermalukan Thailand dengan skor 3-1, di Rayong Provincial Stadium, Kamis (24/8/2023).

Timnas U-23 mempertonkon permainan berbeda dalam laga kali ini. Setelah tampil kurang meyakinkan di gase grup, tim asuhan Shin Tae Yong bermain rapi dan sederhana, sampai membuat tuan rumah kerepotan.

Permainan taktis mereka mampu membuat pertahanan Thailand kocar-kacir. Alhasil, Timnas U-23 langsung membuka keunggulan saat duel baru berusia 10 menit, lewat tendangan datar melengkung yang dilepaskan Jeam Kelly Sroyer.

Thailand yang tertinggal langsung mengencangkan intensitas permainannya. Namun, Ketika asyik menyerang, Thailand malah dikejutkan lagi oleh Timnas U-23. Lemparan jauh dari Robi Darwis berhasil disambar Muhammad Ferarri untuk menggandakan keunggulan, menit 23.

Sial, berselang empat menit, giliran Indonesia yang kecolongan. Thailand berhasil memangkas ketertinggalan berkat gol Chukid Wanpraphao, menit 27.

Tekanan tinggi yang diberikan Garuda muda ternyata mampu menimbulkan kepanikan di lini belakang Thailand. Natcha Promsomboon membuat gol bunuh yang membuat Indonesia unggul 3-1 di jeda turun minum.

Timnas U-23 memulai babak kedua dengan baik. Mereka langsung mengambil inisiasi serangan, untuk memaksa Thailand bertahan cukup dalam.

Garuda Muda beberapa kali nyaris menambah keunggulan, lewat peluang yang didapat Ramadhan Sananta. Namun, penyelesaian akhir striker Persis Solo itu urung menggetarkan jala lawan.

Di sisi lain, Indonesia juga nyaris kebobolan. Serangan balik cepat yang digencarkan Thailand mampu membuat Ernando Ari jatuh bangun. Kiper Persebaya Surabaya itu melakukan tiga penyelamatan krusial yang membuat Thailand frustrasi.

Duel berjalan alot jelang memasuki akhir laga. Indonesia dan Thailand saling melancarkan jual beli serangan. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan, skor 3-1 tidak berubah.

Selanjutnya, Timnas U-23 bakal menantang Vietnam di final pada Sabtu (26/8/2023). Vietnam melaju ke partai puncak usai membantai Malaysia 4-1 pada sore WIB tadi.

Baca Juga: Jelang Semifinal AFF U-23, Shin Tea Yong Berterima Kasih ke Vietnam

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya