Head to Head Timnas Indonesia vs Vietnam: Ketat!

Indonesia unggul satu kemenangan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia bakal meladeni Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, pada Kamis (21/3/2024). Duel di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pukul 20.30 WIB itu diprediksi berjalan seru.

Timnas tentu lebih difavoritkan karena bermain di kandang sendiri. Terlebih, atmosfer di SUGBK bakal panas karena tiket yang disediakan PSSI ludes terjual.

Namun, bukan hanya itu modal yang dimiliki Rafael Struick dan kawan-kawan. Skuad Garuda juga unggul secara head to head, yang bisa mendongkrak rasa kepercayaan dirinya.

1. Ketat, Indonesia unggul tipis

Head to Head Timnas Indonesia vs Vietnam: Ketat!Timnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Menilik 11v11, laga nanti bakal menjadi pertemuan ke-29 antara Timnas dan Vietnam. Dalam 28 pertemuan sebelumnya, mereka saling mengalahkan.

Tim Merah-Putih unggul tipis, dengan sembilan kemenangan dan kalah delapan kali. Duel di SUGBK pun menjadi momentum buat Indonesia untuk menegaskan dominasinya.

Fakta menariknya, Indonesia selalu menang dengan skor tipis dalam rentetan pertemuan tersebut. Sementara, Vietnam pernah membantai Timnas, dengan defisit empat gol pada Juni 2021 lalu.

Baca Juga: Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Timnas Dapat Kiper Baru

2. Jangan remehkan Vietnam di SUGBK

Head to Head Timnas Indonesia vs Vietnam: Ketat!Selebrasi Pham Tuan Hai usai membobol gawang Jepang di Piala Asia 2023. (the-afc.com).

Timnas memang unggul head to head, namun Vietnam tidak boleh diremehkan. Hal itu diutarakan Sandy Walsh, yang mencium potensi kejutan dari Golden Star Warriors tersebut.

Terlebih, Vietnam datang dengan misi balas dendam dari pertemuan sebelumnya. Saat jumpa di fase grup Piala Asia 2023, 19 Januari 2024, Timnas berhasil membungkam Vietnam dengan skor 1-0. Kekalahan ini pastinya menggugah Vietnam untuk bisa membungkam Timnas.

"Kami tahu ada rivalitas dengan Vietnam, termasuk saat di Piala Asia. Kami juga sadar seberapa pentingnya pertandingan ini. Vietnam selalu memberi perlawanan berat ke Indonesia dan saya yakin hal serupa juga akan terjadi besok," dalam jumpa pers jelang laga, Rabu (20/3/2024).

3. Timnas siap tempur

Head to Head Timnas Indonesia vs Vietnam: Ketat!Jumpa pers jelang laga Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK, Rabu (20/3/2024). (IDN Times/Tino)

Sandy juga meyakini duel di SUGBK nanti bakal berjalan sulit. Namun, Sandy optimistis Timnas bisa menang. Persiapan yang dijalankan tim besutan Shin Tae Yong terbilang optimal, meski waktunya singkat.

"Pertandingan besok adalah hal yang sangat penting. Persiapan kami berjalan baik," kata pemain KV Mechelen tersebut.

Baca Juga: Menanti Pecah Telur Penyerang Timnas Indonesia Lawan Vietnam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya