Juergen Klinsmann Dipecat dari Timnas Korea Selatan

Siapa pengganti Klinsmann?

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) resmi memecat Juergen Klinsmann, Jumat (16/2/2024). Juru taktik asal Jerman itu didepak buntut kegagalannya di Piala Asia 2023.

Klinsmann gagal mengantarkan Taeguk Warriors juara meski sudah membawa semua pemain bintang yang berkarier di Eropa. Korea Selatan gugur di semifinal usai ditekuk Yordania 0-2 pada 6 Februari 2024 lalu.

1. KFA anggap Klinsmann gagal

Juergen Klinsmann Dipecat dari Timnas Korea SelatanPotret Timnas Korea Selatan. (Twitter/@theKFA).

Presiden KFA, Chung Mong Gyu menganggap Klinsmann telah gagal memimpin Son Heung Min dkk. Meraih prestasi. Menurut Chung, Klinsmann jauh dari ekspektasi dalam kontrak yang disepakati.

"Klinsmann gagal menunjukkan kepemimpinan yang kami harapkan, termasuk manajemen permainan, manajemen pemain, dan sikap kerja untuk meningkatkan daya saing tim nasional," kata Chung dilansir BBC Sport.

Baca Juga: Gagal Piala Asia dan Senyum, Politisi Korsel Minta Klinsmann Dipecat

2. Hanya setahun menjabat

Juergen Klinsmann Dipecat dari Timnas Korea SelatanJurgen Klinsmann (instagram.com/j_klinsmann)

Klinsmann dipecat saat masa baktinya di Korea Selatan belum genap satu tahun. Wajar kalau KFA tak puas mengingat rapor Klinsmann kurang meyakinkan.

Dalam setahun terakhir, Klinsmann telah memimpin 17 laga skuad Taeguk Warriors. Menukangi raksasa Asia, Klinsmann justru mencatat rata-rata poin yang kecil, yakni 1,88.

3. Imbas tak dengarkan Son?

Juergen Klinsmann Dipecat dari Timnas Korea SelatanSon Heung Min (the-afc.com)

Klinsmann juga menjadi salah satu biang kerok kekalahan Korea Selatan di semifinal Piala Asia 2023. Dia gagal mengendalikan suasana ruang ganti dengan baik.

Kala itu, Son Heung Min dan Lee Kang In bertengkar hingga adu jotos. Son sempat menyarankan Klinsmann untuk menepikan Lee di semifinal karena indisipliner.

Saran itu pun tak digubris oleh Klinsmann hingga berimbas pada performa Korea Selatan. Permainan mereka kurang padu hingga ditekuk Yordania di semifinal.

Baca Juga: Asosiasi Sepak Bola Korsel Gelar Pertemuan Buntut Demo Pecat Klinsmann

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya