Illaix Moriba, Gelandang Guinea yang Jadi Ancaman Timnas U-23

Eks Barcelona yang lagi jadi andalan Getafe

Jakarta, IDN Times - Guinea dipastikan menghadapi Timnas Indonesia U-23 dengan kekuatan terbaik dalam play-off Olimpiade 2024 di Prancis, Kamis (9/5/2024). Itu setelah sang bintang Illaix Moriba bergabung ke dalam tim asuhan Kaba Diawara.

Moriba sudah hadir di pemusatan latihan Guinea di Paris pada Selasa (7/5/2024). Selain Moriba, 18 pemain lain yang diboyong Kaba Diawara telah tiba lebih dulu untuk mematangkan tim jelang bentrok dengan Garuda Muda.

Moriba menjadi pemain Guinea yang paling menonjol. Kualitas dan pengalamannya di Eropa bisa menjadi ancaman buat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan. Berikut IDN Times ulas profil andalan Guinea tersebut.

1. Mariba pernah main bareng Messi di Barcelona

Illaix Moriba, Gelandang Guinea yang Jadi Ancaman Timnas U-23Bintang Guinea U-23, Illaix Moriba. (Instagram/@ilaixmk).

Illaix Moriba merupakan pemain jebolan La Masia pada 2017 lalu. Moriba juga pernah membela Barcelona U-16, U-19 hingga bermain bersama Lionel Messi di tim utama Barcelona.

Namun, perjalanan pemuda 21 tahun itu bersama Blaugrana ternyata cuma sebentar. Itu karena Moriba langsung dipinang RB Leipzig dengan mahar Rp278 miliar pada 2021 silam.

Baca Juga: Duel Debutan di Play-off Olimpiade, Timnas U-23 vs Guinea

2. Moriba lebih sering dipinjamkan

Illaix Moriba, Gelandang Guinea yang Jadi Ancaman Timnas U-23Bintang Guinea U-23, Illaix Moriba. (Instagram/@ilaixmk).

Karena belum mendapat tempat utama di Leipzig, Moriba lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Pada musim lalu, Moriba mengukir debutnya di kompetisi elit bersama Valencia.

Setelah itu, Moriba dipinjamkan ke Getafe hingga akhir musim nanti. Namun, gelandang kelahiran Conakry itu lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan, dengan 11 penampilan dan dua assist.

3. Nilai pasarnya hampir setara dengan skuad Timnas U-23

Illaix Moriba, Gelandang Guinea yang Jadi Ancaman Timnas U-23Bintang Guinea U-23, Illaix Moriba. (Instagram/@ilaixmk).

Nilai pasar Moriba pernah mencapai Rp434,5 miliar pada Juni 2021 lalu. Sial, karena jarang mendapat tempat utama, nilai tersebut merosot drastis hingga Rp52,14 miliar.

Namun, jumlah tersebut separuh lebih dari seluruh pemain di Timnas U-23 di Piala Asia U-23 2024 yang ditaksir Rp83,43 miliar.

Baca Juga: Sederet Masalah Timnas U-23 di Prancis Jelang Lawan Guinea

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya