Indonesia Ada di Grup Neraka Piala Asia U-23, Ernando Ari Tak Takut

Jumpa Qatar, Australia dan Yordania

Jakarta, IDN Times - Timnas U-23 Indonesia sudah dinanti lawan tangguh di babak penyisihan grup Piala Asia U-23 2024. Selain bakal bentrok dengan tuan rumah Qatar, skuad Garuda Muda juga harus bersua Australia dan Yordania di Grup A.

Kendati harus melewati jalan penuh krikil, Timnas ImU-23 optimistis menatap turnamen yang bakal dihelat pada 15 April hingga 3 Mei 2024 tersebut. Kiper Ernando Ari menyatakan, Timnas U-23 tak ciut nyali.

"Kami enggak pernah takut apa-apa soal persaingannya," kata Ernando saat ditemui di Hotel Le Meridien, tempat Timnas U-23 menginap pada Senin, 1 April 2024.

1. Ikuti instruksi Shin Tae Yong

Indonesia Ada di Grup Neraka Piala Asia U-23, Ernando Ari Tak TakutPotret Shin Tae Yong di pinggir lapangan saat Timnas Indonesia tekuk Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Ernando yakin Timnas U-23 bisa memberikan kejutan. Yang terpenting, menurut Ernando, mereka hanya perlu mengikuti instruksi Shin Tae Yong untuk meraih hasil yang manis atas Qatar, Australia dan Yordania.

"Yang penting ikuti instruksi pelatih dan apa yang diinginkannya. Kalau semuanya berjalan dengan baik, kita bisa kok," ujar Ernando.

Baca Juga: Ernando Ari Pasang Target Tinggi, Antar Timnas U-23 ke Olimpiade 2024

2. Peringkat Indonesia paling buncit di Grup A

Indonesia Ada di Grup Neraka Piala Asia U-23, Ernando Ari Tak TakutKiper Timnas U-23, Ernando Ari. (IDN Times/Tino).

Menilik ranking FIFA, Indonesia memang tidak difavoritkan melaju ke fase gugur. Peringkat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan berada di urutan paling buncit, yakni 142.

Sementara, ketiga lawannya di Grup A memiliki peringkat di bawah 100. Australia 23, Qatar 37 dan Yordania 70.

Selaku tuan rumah, Qatar tentu difavoritkan terlebih mereka berhasil menjadi kampiun Piala Asia di level senior pada awal 2024 lalu.

3. Sempurnakan tim dalam TC

Indonesia Ada di Grup Neraka Piala Asia U-23, Ernando Ari Tak TakutPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong. (IDN Times/Tino).

Demi meraih hasil yang manis, Timnas U-23 bertolak ke Dubai untuk melakukan pemusatan latihan (TC) selama 10 hari, yang mulai efektif pada Selasa (2/4/2024). Dalam rangkaian ini, Garuda Muda bakal menjajal kekuatan Arab Saudi (5 April 2024) dan Uni Emirat Arab (8 April 2024).

"Ini salah satu grup yang paling sulit, tidak ada yang bisa kita remehkan. Kami harus bekerja keras dan semaksimal mungkin untuk menjadi tim yang lebih baik," ujar Shin Tae Yong.

Baca Juga: Shin Tae Yong soal Kans Timnas di Piala Asia U-23: Saya Bukan Tuhan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya