Ini Resep Park Hang Seo Singkirkan Indonesia di Piala AFF 2022

Kelemahan Indonesia berhasil dieksploitasi Vietnam

Jakarta, IDN Times - Timnas Vietnam berhasil menghajar Timnas Indonesia dengan skor 2-0 dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). Pelatih Vietnam, Park Hang Seo pun membongkar resep jitunya dalam kemenangan tersebut.

Hasil tersebut sukses mengantarkan The Golden Star Warriors melaju ke final Piala AFF 2022. Mereka menang agregat, karena sebelumnya berhasil menahan imbang Indonesia dengan skor 0-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 6 Januari 2023 lalu.

1. Permainan Timnas Indonesia sudah terbaca

Ini Resep Park Hang Seo Singkirkan Indonesia di Piala AFF 2022Laga Timnas Indonesia versus Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (6/1/2023). (IDN Times/Tata Firza)

Park mengaku telah membaca gaya permainan skuad Garuda sejak berlaga di leg pertama. Setelah melakukan analisis, juru taktik asal Korea Selatan itu menemukan celah lawan yang bisa dieksploitasi anak-anak asuhnya.

Indonesia bermain cenderung bertahan dan mengandalkan serangan balik. Nah, itu sudah diantisipasi yang membuat Vietnam berhasil meredam permainan Indonesia di leg kedua.

"Kami bermain 3-4-3 saat leg pertama di Indonesia. Kami dengan rinci menganalisis Indonesia setelah kembali ke kandang (Hanoi). Indonesia merupakan tim dengan serangan balik yang sangat tipikal," kata Park usai laga, dilansir Soha.

Baca Juga: Shin Tae Yong Keok Lagi dari Vietnam, Catatan Buruk Berlanjut

2. Timnas Indonesia gampang panik

Ini Resep Park Hang Seo Singkirkan Indonesia di Piala AFF 2022Aksi Timnas Indonesia saat dikalahkan Vietnam 0-2 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). (Dok. PSSI).

Park juga menyebut, Marc Klok dan kawan-kawan mudah panik jika terus-terusan ditekan. Dalam situasi tersebut, Timnas  Indonesia menjadi kesulitan untuk berebut bola.

"Kami juga tahu Indonesia cukup lemah saat berebut bola dan para pemain bertahan mudah panik," ujar Pelatih 65 tahun itu.

3. Manfaatkan celah, Vietnam pasang dua striker

Ini Resep Park Hang Seo Singkirkan Indonesia di Piala AFF 2022Penyerang Vietnam, Nguyen Tien Linh. (thanhnien.vn)

Park juga melihat banyak celah yang terbuka di barisan pertahanan Timnas Indonesia. Maka dari itu, pada leg kedua kemarin, dia memasang dua striker untuk memecah konsentrasi Jordi Amat dan kolega.

"Jadi, kami memainkan dua striker, menusuk titik di ruang antara bek dan memperebutkan tempat itu. Kami mengeksploitasi kelemahan Indonesia dan Nguyen Tien Linh melakukannya dengan sangat baik," kata Park.

Selanjutnya, Vietnam tinggal menunggu lawan di final Piala AFF 2022. Hasil itu baru diketahui usai Thailand menjamu Malaysia di leg kedua, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga: Girangnya Park Hang Seo Usai Singkirkan Indonesia dari Piala AFF 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya