Invasi Pemain Naturalisasi di Timnas Tambah Tekanan Shin Tae Yong

Skuad Timnas makin kuat, Shin harus kasih pembuktian

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia berpotensi diperkuat sejumlah pemain naturalisasi baru saat melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024. Pelatih Shin Tae Yong mengaku senang, tetapi juga merasa tertekan.

Dari 28 pemain yang dipanggil Shin, empat di antaranya adalah wajah baru. Mereka adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen.

Dengan kedatangan mereka, Shin merasa wajib memberikan hasil memuaskan saat bersua Vietnam. Tanggung jawabnya membesar di tengah skuad Garuda yang semakin kuat.

"Saya berterima kasih atas usaha dari Ketua Umum PSSI dan pemerintah Indonesia yang menambah pemain-pemain berdarah Indonesia untuk menjadi bagian dari timnas, meski saya akui hal itu sebagai tekanan," kata Shin Tae Yong usai bertemu Erick Thohir, Rabu (13/3/2024).

Baca Juga: Shin Tae Yong Girang Dapat Pemain Naturalisasi Baru Buat Timnas

1. Matangkan tim demi raih hasil maksimal

Invasi Pemain Naturalisasi di Timnas Tambah Tekanan Shin Tae YongPotret Shin Tae Yong bertolak ke Qatar. (pssi.org).

Rencananya, Shin menggelar pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia pada pekan ini. Dalam TC tersebut, Shin ingin meningkatkan kekompakan anak-anak asuhnya untuk meredam ancaman Vietnam.

Rafael Struick dan kolega bakal menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 21 Maret 2024. Lima hari setelahnya, giliran mereka yang bertandang ke markas Vietnam.

"Saya akan berusaha yang terbaik untuk mempersiapkan tim ini. Kami harus kompak untuk menang," kata Shin.

Baca Juga: Nathan Tjoe-A-On Sah Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar Menyusul

2. Haye dan Ragnar bisa main?

Invasi Pemain Naturalisasi di Timnas Tambah Tekanan Shin Tae YongThom Haye (Instagram.com/thomhaye)

Sebenarnya, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen masih tanda tanya untuk tampil dalam laga nanti. Mereka belum melakukan pengambilan sumpah kewarganegaraan, karena berkasnya belum ditandatangani Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Sementara, administrasi perpindahan federasi Nathan masih diurus setelah sah menjadi WNI pada 11 Maret 2024. Jay Idzes sudah bisa tampil mengingat sudah menyandang status WNI sejak Desember 2023.

"Sekarang lagi menunggu ditandatangani oleh Ketua DPR, setelah itu baru bisa diproses Keppres dan pelantikannya. Semoga hari ini Bu Puan bisa menandatangani," kata Menpora Dito Ariotedjo di Jakarta, Rabu (13/3/2024)

3. Kondisi Timnas siap tempur

Invasi Pemain Naturalisasi di Timnas Tambah Tekanan Shin Tae YongTimnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Shin juga belum membahas apakah tetap mengandalkan Thom dan Ragnar atau mencari pengganti untuk laga nanti. Kabar baiknya, kondisi anak-anak asuhnya siap tempur.

"Secara keseluruhan kondisi pemain bagus. Beberapa pemain yang saya temui di Eropa, juga dalam keadaan terbaik," ujar Shin.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya