Jay Idzes Ambil Sumpah 28 Desember, Nathan Tjoe-A-On Kapan?

Tetap gagal bela Timnas di Piala Asia 2023

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia segera kedatangan amunisi baru. Itu karena Jay Idzes bakal segera mengambil sumpah kewarganegaraan pada 28 Desember 2023.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji. Dalam waktu dekat, bek Venezia FC itu akan tiba di tanah air.

"Jay Idzes tanggal 28 (Desember 2023) nanti diambil sumpah," kata Sumardji kepada IDN Times.

1. Tetap tak bisa tampil di Piala Asia

Jay Idzes Ambil Sumpah 28 Desember, Nathan Tjoe-A-On Kapan?Jay Idzes, pemain naturalisasi timnas Indonesia (instagram.com/jayidzes)

Hanya saja, pengambilan sumpah kewarganegaraan ini tak serta merta membuat Jay tampil di Piala Asia 2023 pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang. Itu karena entry by name Piala Asia sudah kedaluwarsa sejak 10 Desember 2023 lalu.

PSSI kini tinggal mengurus perpindahan asosiasi pemain 23 tahun tersebut. Andai prosesnya cepat, Jay bisa saja mengukir debutnya bersama Timnas Indonesia pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Maret 2024 mendatang.

Baca Juga: Jay dan Nathan Gagal Bela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

2. Bareng sama Nathan?

Jay Idzes Ambil Sumpah 28 Desember, Nathan Tjoe-A-On Kapan?cnn indonesia

Jay akan mengambil sumpah lebih dulu ketimbang Nathan Tjoe-A-On, meski mendapat Keputusan Presiden (Keppres) berbarengan. Selain Sumardji belum menjelaskan secara gamblang, Swansea City dihantui jadwal padat hingga akhir tahun nanti.

Swansea bakal melakoni empat laga dalam sembilan hari ke depan. Mereka bersua Preson North End (23 Desember), Southampton (26 Desember), Coventry City (30 Desember) dan West Brom (1 Januari). 

3. Jay Idzes masih cedera, Nathan belum debut di Swansea

Jay Idzes Ambil Sumpah 28 Desember, Nathan Tjoe-A-On Kapan?Jay Idzes saat perpisahan dengan Go Ahead Angels (instagram.com/jayidzes)

Menilik Transfermarkt, Jay masih belum kembali merumput bersama Venezia karena masalah pada paru-parunya. Itu yang membuatnya absen dalam delapan pekan terakhir Serie B.

Sebelum kesehatannya terganggu, Jay selalu tampil 90 menit penuh dalam sembilan laga awal Serie B. Sementara, Nathan urung melakoni debutnya bersama Swansea musim ini.

Baca Juga: Daftar 26 Pemain Timnas U-20 yang Berlatih di Qatar

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya