Julian Alvarez: Fanboy Messi Kini Jadi Andalan Argentina

Alvarez mengidolakan Messi sejak kecil

Jakarta, IDN Times - Julian Alvarez menjadi aktor kemenangan Argentina atas Kroasia dalam semifinal Piala Dunia 2022 di Lusail Iconic Stadium pada Rabu dini hari WIB (14/12/2022). Brace Alvarez telah membawa Argentina menang dengan skor 3-0.

Bahkan, satu gol Messi dari titik putih lahir atas kontribusinya. Karena Alvarez dilanggar oleh kiper Kroasia, Dominik Livakovic, Messi bisa cetak gol.

Menarik, karena sebenarnya Alvarez merupakan fanboy Messi sejak kecil. Kini, dia malah main bareng idolanya. Mari ulas profil Alvarez lebih dalam.

1. Wonderkid River Plate yang mampir ke Inggris

Julian Alvarez: Fanboy Messi Kini Jadi Andalan ArgentinaJulian Alvarez (fifa.com)

Baca Juga: Deretan Rekor Apik Lionel Messi Usai Argentina Bekuk Kroasia

Julian Alvarez lahir di Calchin, Argentina, pada 31 Januari 2000 silam. Dia belajar ilmu sepak bola di akademi CA Atalaya semasa kecil, sebelum bakatnya ditemukan tim muda River Plate pada 2016 lalu.

Alvarez membela River Plate U-20 saat usianya baru menginjak 16 tahun. Pada 2018, dia promosi ke tim reserve River Plate, sebelum akhirnya menembus skuad utama setahun kemudian.

Kariernya cukup gemilang. Dia berhasil tampil konsisten, dan mengalami peningkatan setiap musimnya. Musim 2020/21 jadi aksinya yang paling superior bareng River Plate. Sebanyak 18 gol berhasil dia kemas dalam 21 penampilan di Superliga.

Penampilannya yang memukau pada usia muda langsung membuat manajer Manchester City, Pep Guardiola, kepincut. Dia diboyong ke Etihad Stadium pada Januari 2022 dengan kontrak panjang, lima tahun.

2. Dulu fanboy, kini malah dipuji Messi

Seperti anak-anak Gen-Z Argentina pada umumnya, Alvarez merupakan fan Messi. Semasa kecil, dia sudah mengidolakan La Pulga dan sempat berswafoto bareng idolanya tersebut 10 tahun lalu.

Kini, striker 22 tahun itu malah menjadi rekan setim Messi di barisan depan Albiceleste. Mereka saling berkontribusi untuk mengalahkan Kroasia di semifinal.

Bahkan, penampilannya dini hari tadi mendapat pujian setinggi langit dari idolanya tersebut. Messi sampai menilai bahwa Alvarez lebih layak dinobatkan sebagai man of he match ketimbang dirinya di laga tersebut.

"Setiap pemain melakukannya dengan sangat baik. Tetapi, jika saya harus memilih, (man of the match) ini harus diberikan kepada Julian Alvarez. Dia memiliki permainan yang luar biasa," kata Messi melansir HITC.

3. Ikut bersaing di jajaran top scorer

Julian Alvarez: Fanboy Messi Kini Jadi Andalan ArgentinaAksi Luka Modric saat menggiring bola coba dijatuhkan oleh pemain Argentina Julian Alvarez dalam laga semifinal Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Alavarez memang memiliki penampilan yang memukau di Piala Dunia 2022. Dia berhasil menjawab kepercayaan pelatih Argentina, Lionel Scaloni, untuk berperan sebagai ujung tombak Albiceleste.

Sejak penyisihan grup hingga semifinal, dia sudah mengoleksi empat gol. Dia hanya terpaut satu gol dari Kylian Mbappe dan Messi yang sedang memuncaki daftar top scorer Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Magis Messi dan Tamparan Keras dari Arab Saudi

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya