Justin Hubner Sindir Qatar: Selamat Atas Juaranya

Kemenangan Qatar atas Indonesia diwarnai kontroversi

Jakarta, IDN Times - Bek Timnas Indonesia U-23, Justin Hubner, melontarkan sindiran pedas kepada Qatar setelah membungkam rekan-rekannya dengan skor 0-2, Senin (15/4/2024). Hubner meyakini gelar Qatar di Piala Asia U-23 sudah dipesan.

Itu karena kemenangan Qatar diselimuti oleh keputusan wasit Nasrullo Kabirov yang kontroversial. Wasit asal Tajikistan itu dianggap terlalu mencolok memihak tuan rumah.

"Selamat untuk Qatar yang sudah menjuarai Piala Asia U-23," tulis Hubner di Instagram pribadinya, Selasa (16/4/2024).

1. Timnas U-23 cium aroma kecurangan dari Qatar

Justin Hubner Sindir Qatar: Selamat Atas JuaranyaSindiran Justin Hubner kepada Qatar. (Instagram/@justinhubner5).

Pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong, juga mencium aroma kecurangan dari Qatar. Penalti yang didapat tim asuhan Ilidio Vale, serta kartu kuning kedua kepada Ivar Jenner dirasa konyol.

Shin menyebut Timnas U-23 sudah dihambat sejak sebelum kick-off. Garuda Muda bahkan dibuat terlambat beberapa menit saat menuju Jassim Bin Hamad Stadium.

"Dari hotel kami ke stadion itu hanya membutuhkan waktu tujuh menit. Tapi, kami harus menempuhnya selama 25 menit. Kenapa bisa seperti itu? Ini berdampak pada persiapan kami sebelum pertandingan," kata Shin selepas laga.

Baca Juga: Setelah Wasit, Warganet Serang Instagram AFC hingga Federasi Qatar

2. PSSI layangkan protes ke AFC

Justin Hubner Sindir Qatar: Selamat Atas JuaranyaLogo PSSI. (Website/pssi.org)

PSSI juga tak terima dengan kepemimpinan wasit Nasrullo. Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Sumardji, menyatakan pihaknya langsung melayangkan surat protes beberapa saat setelah laga rampung, dengan melampirkan sejumlah bukti cuplikan tayangan ulang.

"Sudah, langsung protes selesai pertandingan. Ada beberapa potongan video yang saya pakai untuk ajukan protes ke AFC," kata Sumardji kepada IDN Times, Selasa (16/4/2024).

3. Australia jadi lawan Timnas U-23 selanjutnya

Justin Hubner Sindir Qatar: Selamat Atas JuaranyaPotret Timnas Indonesia U-23 vs Qatar di Piala Asia U-23 2024, Senin (15/4/2024). (Dok. PSSI).

Shin berharap kinerja wasit bisa lebih baik ketika Timnas U-23 berjumpa Australia dalam lanjutan Grup A, Kamis (18/4/2024). Dalam laga ini, Hubner berpotensi tampil karena dijadwalkan menyusul Garuda Muda ke Qatar sehari sebelum laga.

"Semoga, ke depannya kami tidak melihat pertandingan seperti ini lagi. Saya mengatakan kepada pemain, mereka telah melakukan pekerjaan bagus di lapangan hari ini. Kami tidak boleh kehilangan kepercayaan diri," ujar Shin.

Baca Juga: PSSI Protes ke AFC Buntut Wasit Kontroversial Usai Timnas U-23 Keok

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya