Legenda Sepak Bola Jerman Franz Beckenbauer Tutup Usia

Beckenbauer meninggal saat tidur

Jakarta, IDN Times - Pencinta sepak bola mendapat kabar duka. FC Bayern Munich mengabarkan legenda Jerman, Franz Beckenbauer, telah tutup usia pada Selasa (9/1/2024).

"Dunia FC Bayern tidak seperti dulu lagi, tiba-tiba menjadi lebih gelap, lebih tenang dan miskin. Kami berduka atas meninggalnya Franz Beckenbauer. Tanpa Kaiser, FC Bayern tidak akan pernah menjadi klub seperti sekarang," bunyi pernyataan Bayern.

Baca Juga: Saat jadi Pemain, 5 Coach Top Ini Pernah Dilatih Franz Beckenbauer

1. Kesehatannya memang sudah menurun

Legenda Sepak Bola Jerman Franz Beckenbauer Tutup UsiaFranz Beckenbauer (bundesliga.com)

Daily Mail melansir, kondisi kesehatan Bekenbauer memang terus menurun. Beckenbauer mulai sakit-sakitan, sejak Stephan, putranya meninggal pada 2015.

Bek legendaris Jerman sempat berjuang melawan penyakit parkinson dan demensia. Beckenbauer juga sempat menjalani operasi jantung.

Baca Juga: 3 Pemain Akademi Bayern Munich yang Debut di Bundesliga pada 2023

2. Tutup usia saat tidur

Legenda Sepak Bola Jerman Franz Beckenbauer Tutup UsiaFranz Beckenbauer (twitter.com/euro2024)

Keluarga menjelaskan kronologi kepergian Beckenbauer. Legenda berjuluk Der Kaiser itu dinyatakan meninggal ketika sedang tidur.

"Dengan kesedihan yang mendalam kami mengumumkan bahwa suami dan ayah kami, Franz Beckenbauer meninggal dunia dengan tenang dalam tidurnya kemarin, Minggu, dikelilingi oleh pihak keluarga," bunyi pernyataan keluarga Beckenbauer, dilansir Daily Mail.

Baca Juga: 5 Top Skor Sepanjang Masa Der Klassiker, Semua Pemain Bayern Muenchen

3. Profil singkat Beckenbauer

Legenda Sepak Bola Jerman Franz Beckenbauer Tutup UsiaFranz Beckenbauer (fcbayern.com)

Kala masih merumput, Beckenbauer merupakan bek berprestasi pada periode 1964-1977. Total 14 trofi berhasil dipersembahkannya buat Bayern.

Selain memberikan gelar buat tim, Beckenbauer juga mampu menyabet trofi individu usai menyabet dua Ballon d'Or pada 1972 dan 1976. Beckenbauer juga mendapat lebel pesepak bola terbaik Jerman dalam empat perode, yakni 1966, 1968, 1974 dan 1976.

Topik:

  • Dheri Agriesta
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya