LIB dan Kementerian PUPR Bersinergi demi VAR di Liga 1

VAR bakal dipasang di 20 stadion tanah air

Jakarta, IDN Times - Kementerian PUPR, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah berupaya untuk memasang Video Assistant Referee (VAR) di 20 stadion Indonesia. Koordinasi terkait penyediaan prasarana instalasi VAR pun sudah digelar, sejak 18 hingga 22 Maret 2024.

Proyek ini tengah dikebut dan disempurnakan agar ke-20 stadion tersebut bisa terpasang VAR, saat menjadi arena tempur kontestan Liga 1 musim 2024/25. Koordinasi ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman terkait penyediaan prasarana instalasi VAR.

Baca Juga: LIB Antisipasi Potensi Malut United vs Persiraja Ricuh

1. PT LIB apresiasi dukungan pemerintah

LIB dan Kementerian PUPR Bersinergi demi VAR di Liga 1Uji coba VAR di Stadion Manahan Solo. (IDN Times/Tino)

Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra mengapresiasi dukungan pemerintah dalam menyediakan prasarana instalasi VAR. Sinergi yang dibangun, diyakini bisa mempercepat proses instalasi teknologi tersebut.

"Koordinasi ini sangat penting untuk memastikan bahwa semua stadion yang akan digunakan untuk pertandingan Liga 1 siap dengan prasarana instalasi VAR. Lebih dari itu, kami juga berkoordinasi dan membahas secara detail untuk penyediaan fasilitas pendukung yang ada kaitannya dengan kebutuhan broadcast secara keseluruhan," kata Asep dalam keterangannya.

2. Liga 1 darurat VAR

LIB dan Kementerian PUPR Bersinergi demi VAR di Liga 1Uji coba VAR dalam final EPA U-20 Liga 1 2023/24, di Stadion Manahan, Solo, Kamis (7/3/2024). (IDN Times/Tino)

Liga 1 memang membutuhkan VAR. Terlebih, kinerja wasit yang masih terus menjadi sorotan. Mereka acap salah mengambil keputusan, hingga membuat klub dan fans berang.

Dengan adanya VAR, wasit bisa terbantu untk mengambil keputusan yang tepat. Namun, masih banyak PR yang harus dikerjakan PT LIB dan PSSI, khususnya sumber daya manusia (SDM).

"VAR ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. Dengan VAR, pertandingan akan semakin fair dan menarik untuk ditonton," ujar Asep.

Baca Juga: Secara Industri, LIB Sebut Persib vs Persija Harus Ada Penonton

3. Stadion apa saja yang akan dipasang?

LIB dan Kementerian PUPR Bersinergi demi VAR di Liga 1Uji coba VAR dalam final EPA U-20 Liga 1 2023/24, di Stadion Manahan, Solo, Kamis (7/3/2024). (IDN Times/Tino)

Rencananya, VAR akan terpasang di 20 stadion tanah air. Rinciannya adalah Stadion Utama Sumatera Utara, Stadion Teladan Medan, Stadion Surajaya, Stadion Kanjuruhan, Stadion Harapan Bangsa, Stadion Gelora Joko Samudro, Stadion Bumi Sriwijaya dan Stadion BJ Habibie.

Ada pula Stadion Pakansari, Stadion Patriot Candrabhaga, Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Stadion Maguwoharjo, Stadion Indomilk Arena, Stadion Demang Lehman, Stadion Gelora Bumi Kartini, Stadion Jatidiri, Stadion Wibawa Mukti, serta Stadion Segiri.

Baca Juga: Tarik Ulur Pemain ke Timnas U-23, LIB Lempar Permintaan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya