Liga 2 Kick-off 10 September 2023, Begini Formatnya!

Simak biar lebih kenal dengan Liga 2

Jakarta, IDN Times - Liga 2 musim 2023/24 dipastikan kick-off pada 10 September 2023 mendatang. Sama seperti Liga 1, kompetisi kasta kedua tanah air ini juga bakal berlangsung tanpa kehadiran suporter tim tamu di tribune stadion.

Kepastian itu didapat lewat surat yang dikeluarkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan nomor 467/LIB-COR/VIII/2023 pada Jumat (18/8/2023). Hal ini juga dibenarkan Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra.

"Iya, benar. InsyAllah Liga 2 kick-off tanggal 10 (September)," kata Asep Saputra kepada IDN Times.

1. Jadwal pertandingan segera diluncurkan

Liga 2 Kick-off 10 September 2023, Begini Formatnya!Logo PT Liga Indonesia Baru di bendera pojok lapangan. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Asep menyebut, jadwal pertandingan bakal segera diluncurkan secara utuh dan disosilaisasikan kepada klub. Itu setelah sinkronisasi antara PT LIB dengan Mabes Polri rampung.

"Jadwal segera disebar, saat ini masih disinkronisasikan dengan kepolisian," ujar Asep.

Baca Juga: Nusantara United Siap ke Liga 1, Minta Liga 2 Tidak Molor

2. Tanpa suporter tamu

Liga 2 Kick-off 10 September 2023, Begini Formatnya!Salah satu momen laga pekan ke-2 Wilayah Timur Liga 2 2022-23 antara Persipal Palu versus Sulut United di Stadion Gawalise Palu, 4 September 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Dalam surat tersebut, PT LIB juga menegaskan bahwa Liga 2 melarang suporter tim tamu untuk hadir ke stadion. Regulasi ini sama seperti yang digunakan Liga 1 musim ini.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sempat menjelaskan urgensinya. Sepak bola Indonesia saat ini masih dipantau FIFA imbas Tragedi Kanjuruhan. Federasi enggan mengambil risiko karena masih ada potensi sanksi dari FIFA.

3. Seperti apa formatnya?

Liga 2 Kick-off 10 September 2023, Begini Formatnya!Dirut PT LIB, Ferry Paulus (IDN Times/Tino).

Sementara, Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus sudah menjelaskan format Liga 2 yang bakal diterapkan pada musim 2023/24. Nantinya, sebanyak 28 tim akan dipecah ke dalam empat grup. Masing-masing grup tersebut diisi empat tujuh kontestan.

Untuk 12 tim terbaik dari fase grup akan dipertandingkan kembali di babak 12 besar. Fase ini nantinya akan dibagi ke dalam tiga grup yang berisikan empat klub.

Nah, juara masing-masing grup serta runner-up terbaik dalam fase tersebut akan melaju ke babak semifinal. Total 16 peserta yang tidak lolos juga akan dipertandingkan kembali di dalam grup bawah.

Mereka bakal berebut status bertahan di Liga 2 atau degradasi ke Liga 3. Tiga klub akan promosi ke Liga 1, sedangkan yang turun kasta nanti ada delapan tim.

Baca Juga: Izin Belum Turun, LIB Yakin Kick-off Liga 2 Gak Molor

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya