Comscore Tracker

Manchester United Ditinggal Sponsor Gara-gara Saham Anjlok

TeamViewer dipastikan cabut pada 2026 mendatang

Jakarta, IDN Times - Salah satu sponsor Manchester United, TeamViewer, memastikan tak akan lagi memberikan dukungan setelah kontraknya berakhir pada 2026 mendatang. TeamViewer mengaku kebijakan mendukung MU ternyata menjadi bumerang bagi bisnisnya.

Saham perusahaan perangkat lunak asal Jerman itu mengalami penurunan yang cukup dalam usai menjalin kemitraan dengan MU. Setelah dianalisis, TeamViewer pun memutuskan untuk menghentikan kerja sama dengan Setan Merah, demi menyelamatkan perusahaan.

1. Valuasi saham turun hingga 70 persen

Manchester United Ditinggal Sponsor Gara-gara Saham AnjlokIlustrasi Grafik Penurunan (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan mendukung MU, tentunya TeamViewer berharap valuasi sahamnya meningkat. Sebab, nilai jual MU sebagai salah satu klub besar masih tinggi.

Tapi, kenyataannya berbanding terbalik. Saham TeamViewer malah anjlok hingga lebih dari 70 persen. Tren buruk ini terus berlanjut hingga sekarang.

"Perusahaan telah memutuskan untuk meninjau strategi pemasaran jangka panjang, mengingat lingkungan ekonomi makro saat ini. Kini, kami lebih berhati-hati dalam pengambilan keputusan terkait strategi pemasaran dan dan menunda investasi," begitu pernyataan TeamViewer dilansir Daily Mirror.

Baca Juga: Manchester United Tsunami Trofi? Sepertinya Sulit

2. TeamViewer harus keluar duit banyak buat danai MU

Manchester United Ditinggal Sponsor Gara-gara Saham AnjlokIlustrasi Kenaikan (IDN Times/Arief Rahmat)

TeamViewer memang patut melakukan evaluasi atas kebijakan mendukung MU. Sebab, mereka harus keluar uang dalam jumlah yang besar demi menggeser Chevrolet sebagai sponsor utama.

Bayangkan, TeamViewer harus mengeluarkan uang hingga 235 juta poundsterling atau setara Rp4,2 triliun demi menyokong MU, dengan durasi lima tahun. Penurunan valuasi saham yang dalam, tentunya membuat TeamViewer rugi.

Nah, menariknya, saham TeamViewer malah mulai menunjukkan peningkatan pasca pengumuman penghentian kerja sama dengan MU.

Baca Juga: Manchester United Lepas Alex Telles ke Sevilla

3. Manchester United bergerak cari pengganti

Manchester United Ditinggal Sponsor Gara-gara Saham AnjlokPotret Cristiano Ronaldo dalam salah satu pertandingan Manchester United. (twitter.com/@ChampionsLeague)

CEO Manchester United, Richard Arnold, mulai mengambil langkah strategis terkait keputusan TeamViewer. Mereka langsung mencari pengganti TeamViewer di masa mendatang. Arnold mengklaim, sudah banyak perusahaan yang siap menggantikan TeamViewer.

"Proses pencarian sponsor utama sangat sukses. Kami memiliki lebih dari 10 perusahaan yang antre di fase akhir. Kami tidak akan berbicara tentang uang, tapi menjadi kesepakatan yang bagus di masa depan. Kami adalah Manchester United dan itu bukan kejutan," kata Arnold.

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya