Marie-Louise Eta Ukir Sejarah Bareng Union Berlin di Bundesliga!

Pelatih wanita pertama di Bundesliga!

Jakarta, IDN Times - Sejarah tercipta di sepak bola Jerman. Sejarah ini terukir usai Marie-Louise Eta membantu Union Berlin menang atas Darmstadt dengan skor 1-0, dalam lanjutan Bundesliga 2023/24, Minggu (28/1/2024).

Union Berlin sukses meraih tiga poin lewat gol tunggal Benedict Hollerbach, saat duel berusia 62 menit. Die Eisernen gagal menambah keunggulan, meski melepaskan 21 tembakan.

Kemenangan ini terasa spesial, buat Union Berlin, khususnya sang asisten pelatih, Marie-Louise Eta. Juru taktik 32 tahun itu menjadi pelatih wanita pertama yang di Bundesliga!

1. Alasan Eta berdiri di pinggir lapangan

Marie-Louise Eta Ukir Sejarah Bareng Union Berlin di Bundesliga!Potret pemain Union Berlin. (Twitter/@fcunion).

Berdirinya Eta di pinggir lapangan menjadi sebuah pemandangan baru di Bundesliga. Sebab, untuk kali pertama dalam sejarah, ada pelatih wanita yang memimpin dalam sebuah pertandingan.

Eta dituntut meramu taktik karena Nenad Bjelica tengah diskorsing. Bjelica harus berdiri di tribune usai mendorong wajah Leroy Sane saat ditekuk Bayern Munich 0-1.

Absennya Bjelica memberikan karpet merah untuk Eta mengukir debutnya di Bundesliga. Ini kemenangan penting buat Union Berlin, guna menjaga jarak tiga tim yang terjebak di jurang degradasi.

Baca Juga: 6 Pemain yang Tampil Impresif pada Pekan Ke-18 Bundesliga 2023/2024

2. Eta sanjung permainan Union Berlin

Marie-Louise Eta Ukir Sejarah Bareng Union Berlin di Bundesliga!Selebrasi pemain Union Berlin usai jebol gawang Darmstadt, Minggu (28/1/2024). (Twitter/@fcunion).

Eta senang bukan main bisa mengantarkan kemenangan untuk Union Berlin. Kesenangan itu kian memuncak, karena anak-anak asuhnya tampil apik dengan menerapkan instruksinya.

"Saya senang karena kami bisa menampilkan performa bagus. Kami melakukan apa yang ini dilakukan di atas lapangan," kata Eta dilansir laman resmi klub.

3. Union Berlin harus segera konsisten

Marie-Louise Eta Ukir Sejarah Bareng Union Berlin di Bundesliga!Union Berlin dikalahkan Bayern Munich 0-1 pada pekan ke-17 Bundesliga 2023/2024. (fc-union-berlin.de)

Union Berlin tak boleh terlalu puas dengan kemenangan ini. Sebab, mereka hanya terpaut lima angka dari FC Koeln yang berada di zona degradasi, yakni urutan 16.

Selanjutnya, Die Eisernen dinanti ujian berat. Itu karena Union Berlin dijadwalkan bertamu ke kandang RB Leipzig, Minggu 2 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga: 3 Pemain Anyar Union Berlin 2023 yang Berasal dari Klub Degradasi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya