Marselino Senang Jadi Kelinci Percobaan Shin Tae Yong di Timnas

Marselino sering main di luar posisi aslinya

Jakarta, IDN Times - Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, tak masalah sering menjadi kelinci percobaan pelatih Shin Tae Yong. Sebaliknya, Marselino justru senang karena bisa mengulik potensinya lebih dalam.

Bersama Shin, Marselino memang sering dimainkan di luar posisi aslinya. Seperti saat membantu Timnas mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024).

Pemain KMSK Deinze itu diplot sebagai gelandang tengah untuk berduet dengan Ivar Jenner. Marselino lebih memerankan gelandang box to box, ketimbang bermain di dekat area kotak penalti lawan.

1. Marselino lebih nyaman main jadi nomor 10

Marselino Senang Jadi Kelinci Percobaan Shin Tae Yong di TimnasTimnas Indonesia kalahkan Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Posisi asli Marselino sebenarnya gelandang serang. Kala masih berseragam Persebaya Surabaya di bawah arahan Aji Santoso, pemuda 19 tahun itu selalu bermain di belakang striker.

Namun, posisi itu jarang didapat Marselino saat membela Timnas. Menilik catatan Transfermarkt, pria kelahiran Jakarta itu sering dimainkan sebagai gelandang tengah, sayap, dan gelandang kiri, yang berperan ganda dalam bertahan dan menyerang.

"Seperti yang kalian tahu, dari dulu saya memang biasa main sebagai nomor 10. Tapi, saya tak bisa begitu karena harus menyesuaikan pelatih," kata Marselino selepas laga.

Baca Juga: Pujian ke Jay Idzes dan Sorotan Buat Striker Timnas Indonesia

2. Gak masalah, justru senang

Marselino Senang Jadi Kelinci Percobaan Shin Tae Yong di TimnasMarselino Ferdinan (IDN Times/Naufal Fathahillah)

Marselino justru senang karena jadi kelinci percobaan Shin. Sebab, dengan begitu, Marselino belajar, memahami potensinya, dan menjadi pemain serbabisa.

"Saya harus menyesuaikan keinginan pelatih, entah ini main di nomor 6, 8, atau sayap. Mungkin, pelatih juga bisa membaca potensi saya main di mana. Itu menjadi keuntungan buat saya, karena bisa bermain di posisi mana saja," ujar Marselino.

3. Marselino jadi pemain terbaik lawan Vietnam

Marselino Senang Jadi Kelinci Percobaan Shin Tae Yong di TimnasPerwakilan Timnas Indonesia saat konferensi pers pada Kamis (21/3/2024). (IDN Times/Naufal Fathahillah)

Kendati bermain di luar posisinya, Marselino tetap tampil impresif meski belum sempurna. Namun, dalam kemenangan atas Vietnam, Marselino sukses dinobatkan menjadi pemain terbaik.

"Semoga saya bisa terus bermain bagus dan konsisten," katanya.

Sebenarnya, bukan hanya Marselino yang sering menjadi objek ide gila Shin. Saat melawan Jepang di Piala Asia 2023, 24 Januari 2024 lalu, Elkan Baggott sempat diplot sebagai striker.

Baca Juga: Misi Timnas Patahkan Rekor Buruk 20 Tahun di Vietnam

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya