Menerka Kapten Timnas Indonesia Kontra Vietnam, Siapa Cocok?

Siapa ya yang bakal ditunjuk Shin Tae Yong?

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia kehilangan sosok kapten saat menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024). Itu karena Asnawi Mangkualam mengalami cedera dan dipastikan absen.

Jordi Amat sempat memimpin Timnas di Piala Asia 2023 pun bernasib serupa. Jordi sebelumnya dipanggil untuk melawan Vietnam, namun pada akhirnya dicoret pelatih Shin Tae Yong.

Absennya Asnawi dan Jordi membuat ban kapten Timnas tak bertuan. Kira-kira, siapa ya yang cocok untuk memimpin Timnnas di SUGBK nanti?

"Soal kapten, kalian bisa melihatnya besok di lapangan karena belum ditentukan," kata Shin Tae Yong dalam jumpa pers jelang laga, Rabu (20/3/2024).

1. Marc Klok

Menerka Kapten Timnas Indonesia Kontra Vietnam, Siapa Cocok?Marc Klok. (IDN Times/Tino).

Secara umur, Marc Klok menjadi pemain paling senior dari 26 nama yang diboyong Shin untuk meladeni Golden Star Warriors, yakni 30 tahun. Dalam beberapa kesempatan, Klok juga acap dipercaya Shin untuk mengenakan ban kapten.

Hanya saja, Klok belum begitu bugar. Bintang Persib Bandung itu masih bermasalah di tendon kakinya. Kondisi itu menipiskan peluangnya menjadi starter untuk dan memimpin rekan-rekannya di atas lapangan.

“Ya, saya mempunyai sakit di tendon achilles. Minggu ini saya mau paksa lagi karena pertandingan (melawan Vietnam) sangat penting buat kita,” kata Klok saat ditemui di Jakarta, Minggu (17/3/2024).

Baca Juga: Indonesia vs Vietnam: Akankah Jadi Kado Ultah Manis Troussier?

2. Sandy Walsh

Menerka Kapten Timnas Indonesia Kontra Vietnam, Siapa Cocok?Jumpa pers jelang laga Timnas Indonesia vs Vietnam di SUGBK, Rabu (20/3/2024). (IDN Times/Tino)

Karena Klok kurang bugar, Sandy Walsh bisa saja mengambil alih peran tersebut. Mengingat, bintang KV Mechelen itu menjadi pemain paling senior ke dua, yakni berusia 29 tahun.

Spekulasi itu diperkuat dengan Sandy yang berpotensi besar menjadi starter, karena Asnawi cedera. Terlebih, Sandy juga merupakan pemain yang dibawa Shin dalam sesi jumpa pers jelang laga.

Terkait soal potensi Sandy menjadi kapten, Shin memilih bungkam.

"Kapten belum kampi putuskan. Soal apakah Sandy kaptennya atau bukan, kami belum tahu," ujar Shin Tae Yong.

3. Ada Rizky Ridho juga

Menerka Kapten Timnas Indonesia Kontra Vietnam, Siapa Cocok?Potret Rizky Ridho saat Timnas Indonesia melawan Iran, Selasa (9/1/2024). (pssi.org).

Namun, sosok kapten tidak selalu ditentukan oleh siapa yang paling senior. Pemain muda juga memiliki kesempatan untuk menyandang status tersebut.

Dalam 26 pemain yang dipanggil Shin, ada bek muda potensial Persija Jakarta, Rizky Ridho. Pemain 22 tahun itu pun acap menjadi kapten di Persija, Persebaya Surabaya dan Timnas.

Baca Juga: Timnas Indonesia Gak Boleh Remehkan Vietnam di SUGBK

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya