Menpora Dito: Piala Dunia U-17 2023 Tak Pakai SUGBK

JIS disiapkan untuk Piala Dunia U-17 2023

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo memastikan Piala Dunia U-17 2023 Indonesia tidak memakai Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang.

Delegasi FIFA saat ini sedang berkunjung ke Indonesia untuk menginspeksi sejumlah stadion yang diajukan PSSI. Nah, disebut Dito, mereka tidak melukan inspeksi ke SUGBK, karena bentrok dengan konser Coldplay.

"FIFA tidak inspeksi karena kan ada Coldplay. SUGBK tampaknya memang tidak (digunakan) karena secara jadwal tidak bisa," kata Dito ketika ditemui di Kantor Kemenpora, Rabu (2/8/2023).

1. Menpora tunggu pemaparan Erick Thohir

Menpora Dito: Piala Dunia U-17 2023 Tak Pakai SUGBKMenpora Dito bertemu Ketum PSSI Erick Thohir. (Dok. Kemenpora)

Dito menyebut, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir sudah menggelar rapat dengan delegasi FIFA pada sore WIB. Namun, karena hanya berkomunikasi via telefon, eks Chairman RANS Nusantara FC itu belum mendapat gambaran secara utuh.

"Tadi saya pak ketum telepon, sore ini ada rapat dengan FIFA. Lebih baik kita tunggu hasil rapatnya. Nanti kalau sudah ada jawaban lebih lengkap lagi, akan saya sampaikan," ujar Dito.

Baca Juga: Anies Harap JIS Bisa Bantu Piala Dunia U-17 Sukses

2. JIS berpeluang besar jadi venue di Jakarta

Menpora Dito: Piala Dunia U-17 2023 Tak Pakai SUGBKJakarta International Stadium (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Menpora dan PSSI ingin pembukaan Piala Dunia U-17 2023 bisa dilangsungkan di Jakarta. Dengan begitu, Jakarta International Stadium (JIS) berpeluang besar menjadi venue-nya.

Sejauh ini, JIS menjadi stadion pertama yang disambangi FIFA untuk diinspeksi. Sekarang bergantung pada hasil inspeksi soal venue Piala Dunia U-17 2023.

"Untuk pembukaan memang kami ada keinginan di Jakarta, tetapi kita sedang menunggu asesmen FIFA untuk seluruh venue," ujar Dito beberapa waktu lalu.

3. Dirut PPKGBK sempat berikan opsi pakai SUGBK

Menpora Dito: Piala Dunia U-17 2023 Tak Pakai SUGBKLatihan Timnas Indonesia di SUGBK, Kamis (5/1/2023). (IDN Times/Tino)

Di sisi lain, Pengelola Pusat Kawasan Gelora Bung Karno (PPKGBK) menyatakan ada rekayasa yang bisa dilakukan oleh PSSI dan LOC Piala Dunia U-17 andai nantinya SUGBK tetap dijadikan venue.

Hanya saja, dengan rekayasa itu, kick-off Piala Dunia U-17 tak bisa digelar di SUGBK. Laga baru bisa digelar kalau konser Coldplay sudah selesai.

"Setelah konser kan bisa. Bisa saja pertandingannya di stadion lain terlebih dahulu, setelah itu main di sini," kata Rakhmadi kepada awak media, pada 11 Juli 2023 lalu.

Baca Juga: Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-17 dan Piala AFF U-23

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya