Mental Timnas U-23 Goyah Jelang Lawan Australia

Imbas kalah dari Qatar

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-23 mendapat masalah baru jelang bentrok dengan Australia dalam lanjutan Grup A Piala Asia U-23 2024, Kamis (18/4/2024) malam WIB. Mental Garuda Muda menurun, yang bisa saja mengganggu performa dalam laga nanti.

Kondisi itu dipengaruhi oleh kekalahan yang diderita Timnas U-23 dari Qatar dalam laga pembuka. Tim besutan Shin Tae Yong merasa dicurangi wasit, hingga pada akhirnya keok dengan skor 0-2.

"Memang ada ketidakadilan pada keputusan wasit di laga sebelumnya. Jadi, suasana pemain lagi sangat down," kata Shin Tae Yong selepas latihan, Rabu (17/4/2024).

1. Shin mencoba menghibur

Mental Timnas U-23 Goyah Jelang Lawan AustraliaPotret skuad Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI).

Melihat kondisi itu, Shin mencoba menghibur anak-anak asuhnya. Masalah mental ini sebenarnya tak begitu membuat Shin khawatir, karena Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tetap bekerja keras dalam latihan.

"Saya berusaha semaksimal mungkin untuk menghibur para pemain. Mereka bisa mendengarkan saya, serta bekerja keras dalam latihan dengan baik," kata Shin.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas U-23 vs Australia di Piala Asia

2. Shin kantongi kekuatan Australia

Mental Timnas U-23 Goyah Jelang Lawan AustraliaPotret laga Australia U-23 vs Yordania U-23. (the-afc).

Shin sudah memiliki gambaran untuk melawan Australia. Itu didapatnya saat melihat tayangan ulang pertandingan Australia kontra Yordania yang berakhir tanpa gol, 15 April 2024.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menganggap Australia punya pola permainan yang atraktif. Performanya meyakinkan, meski lini depannya ompong.

"Performa Australia lebih baik ketimbang Yordania, kekurangannya hanya tidak bisa cetak gol saja. Tapi, menurut saya Australia memang lebih baik," ujar mantan pelatih Timnas Korea Selatan tersebut.

3. Ivar dan Sananta absen, Justin Hubner datang

Mental Timnas U-23 Goyah Jelang Lawan AustraliaJustin Hubner memperkuat timnas Indonesia U-23 dalam laga kontra Australia di Piala Asia U-23 2024 (dok. PSSI)

Dalam laga ini, Timnas U-23 kehilangan Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta yang menerima kartu merah pada laga sebelumnya. Cukup beruntung, karena Timnas I-23 mendapat suntikan tenaga baru.

Itu karena Justin Hubner datang pada waktu yang tepat. Hubner berpotensi tampil kontra Australia, meski baru tiba pada pagi harinya.

Baca Juga: Shin Tae Yong Dongkrak Mental Timnas Jelang Lawan Australia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya