Nathan Tjoe-A-On, Pemain Teladan Timnas Indonesia U-23

Shin Tae Yong minta pemain contoh Nathan

Jakarta, IDN Times - Sosok Nathan Tjoe-A-On ternyata menjadi pemain teladan di Timnas Indonesia U-23. Pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong pun meminta para pemain yang tergabung dalam skuad Garuda Muda bisa mencontoh Nathan.

Di mata Shin, Nathan pemain yang begitu matang. Pengalamannya bermain di Eropa, sukses memberikan warna baru di Timnas U-23, bahkan Timnas senior.

Menurut Shin, Nathan memiliki kelebihan yang tidak dimiliki pemain lain, khususnya di Timnas U-23 yang tengah berjuang untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade. Apakah itu?

1. Komunikasi itu penting

Nathan Tjoe-A-On, Pemain Teladan Timnas Indonesia U-23Nathan Tjoe A On (instagram.com/nathantjoeaon)

Cara komunikasi Nathan di atas lapangan menjadi kelebihan yang paling menonjol. Memang, bek yang tengah dipinjam SC Heerenveen itu sering tersorot kamera saat memberikan instruksi kepada rekan-rekannya atas lapangan.

Instruksi itu diberikan, Ketika Nathan melihat rekannya melakukan kesalahan. Melihat sikap kepemimpinannya yang tinggi, Shin pun merasa begitu senang.

"Pemain harus belajar untuk menjadi seperti itu. Komunikasi di lapangan itu sangat penting. Apa yang dilakukan Nathan sudah sangat baik," kata Shin.

Baca Juga: Timnas U-23 vs Guinea: Kondisi Garuda Muda Kurang Ideal

2. Budaya "tidak enakan" harus dihilangkan

Nathan Tjoe-A-On, Pemain Teladan Timnas Indonesia U-23Nathan Tjoe-A-On (nomor 14) (pssi.org)

Itu yang tak terlihat dari pemain lokal. Menurut Shin, mereka cenderung lebih diam dan tidak memberi masukan ketika melihat rekannya melakukan kesalahan.

Shin sadar hal tersebut karena orang Indonesia memiliki budaya yang 'tidak enakan'. Namun, harus segera dihilangkan agar tim bisa lebih berkembang dengan adanya masukan satu sama lain.

"Sepertinya, ada budaya tak saling menyalahkan dari pemain Indonesia, jadi tidak ada komunikasi. Selain taktik, komunikasi di atas lapangan itu juga penting," kata Shin.

3. Harus dilakukan saat lawan Guinea

Nathan Tjoe-A-On, Pemain Teladan Timnas Indonesia U-23Potret Shin Tae Yong saat memimpin latihan Timnas U-23 di Prancis. (Dok. PSSI).

Komunikasi itu harus dilakukan saat Timnas U-23 melawan Guinea dalam play-off Olimpiade Paris 2024, Kamis (9/5/2024) malam WIB.

Garuda Muda harus lebih padu dan saling mengarahkan. Mengingat, mereka butuh kesempurnaan karena Guinea merupakan tim yang tangguh.

Baca Juga: 3 Cara Nonton Playoff Indonesia vs Guinea, Yuk Dukung Timnas!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya