Nathan Tjoe-A-On Sah Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar Menyusul

Bisa tampil lawan Vietnam?

Intinya Sih...

  • Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi WNI dan berpeluang debut bersama Timnas Indonesia melawan Vietnam.
  • Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen juga akan mengambil sumpah, namun jadwalnya belum diketahui. 

Jakarta, IDN Times - Nathan Tjoe-A-On akhirnya sah menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (11/3/2024). Pemain SC Heerenveen itu pun berpeluang segera debut bersama Timnas Indonesia saat melawan Vietnam.

Menariknya, proses pengambilan sumpah Nathan berbeda dari pemain naturalisasi lain. Saat Sandy Walsh dan kolega mengambil sumpah pada pagi hari, Nathan justru saat larut malam.

Baca Juga: Paes Bisa Main Juni, Naturalisasi Thom dan Ragnar Tuntas 13 Maret

1. PSSI kejar target

Nathan Tjoe-A-On Sah Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar MenyusulLogo PSSI. (Website/pssi.org)

Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali sebelumnya menyebut Nathan bakal mengambil sumpah pada Selasa (12/3/2024). Bukan hanya Nathan, tapi juga diikuti oleh Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

Namun, warganet dikejutkan dengan tersebarnya foto Nathan diambil sumpah pada tengah malam. Hal itu pun dibenarkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.

"Iya benar, Nathan diambil sumpah tengah malam," kata Ibnu Chuldun kepada IDN Times.

Baca Juga: Jay Idzes Ambil Sumpah 28 Desember, Nathan Tjoe-A-On Kapan?

2. Haye dan Oratmangoen menyusul

Nathan Tjoe-A-On Sah Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar MenyusulCalon pemain Timnas Indonesia, Thom Haye. (pssi.org)

Ibnu juga membenarkan proses pengambilan sumpah kewarganegaraan itu hanya diikuti Nathan. Sementara untuk jadwal Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, Ibnu mengaku belum mengetahuinya.

Bek 22 tahun itu bisa lebih dulu mengambil sumpah karena memang prosesnya naturalisasinya sudah selesai sejak Desember 2023 lalu. Kala itu, Nathan seharusnya mengambil sumpah bersama Jay Idzes pada 28 Desember 2023.

Namun, saat itu, Nathan berhalangan hadir karena masih berseragam Swansea City. Padatnya jadwal kompetisi di Inggris membuat Nathan tak bisa terbang ke Indonesia.

"Hanya Nathan saja, kalau Thom Haye dan Ragnar belum tahu," ujar Chuldun.

3. Nathan, Haye dan Oratmangoen dipanggil Shin Tae Yong

Nathan Tjoe-A-On Sah Jadi WNI, Thom Haye dan Ragnar MenyusulNathan Tjoe-A-On sah menjadi WNI. (Instagram/@nathantjoeaon).

PSSI sebenarnya sedang kejar target karena Nathan, Thom, dan Ragnar masuk dalam 28 pemain yang dipanggil Shin Tae Yong untuk melawan Vietnam pada 21 dan 26 Maret 2024 mendatang.

Situasi itu pun membuat PSSI dikejar waktu, mengingat batas pendaftaran entery by name jatuh pada Rabu (13/3/2024). Sementara, setelah mengambil sumpah, federasi perlu mengurus perpindahan asosiasi pemain.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya