Pecundangi Barcelona, PSG Putus Rekor Buruk di Liga Champions

PSG comeback dan lolos ke semifinal

Jakarta, IDN Times - Paris Saint-Germain (PSG) sukses mempermalukan Barcelona 4-1 dalam leg kedua perempat final Liga Champions 2023/24, Rabu (17/4/2024). Dengan begitu, PSG berhak ke semifinal lewat agregat 6-4.

Kemenangan Les Parisiens lahir berkat gelontoran gol Ousmane Dembele (40'), Vitinha (54') dan Kylian Mbappe (61', 88'). Aksi mereka membuat Barcelona yang sempat unggul lebih dulu lewat gol Raphinha (12'), harus gigit jari.

1. PSG akhiri kutukan

Pecundangi Barcelona, PSG Putus Rekor Buruk di Liga ChampionsPSG comeback di markas Barcelona dan lolos ke semifinal Liga Champions musim 2023/24, Rabu (17/4/2024). (uefa.com).

Hasil ini sekaligus menunaikan misi pelatih Luis Enrique untuk mengakhiri kutukan timnya di Liga Champions. Sebab, PSG selalu gagal melaju ke babak berikutnya ketika keok di leg pertama.

Fakta menariknya, juru taktik asal Spanyol itu pernah melakukan hal serupa dengan Barcelona pada musim 2016/17 lalu. Kala itu, Barcelona di bawah arahan Enrique berhasil comeback dramatis di markas PSG dengan skor 6-1 untuk lolos ke babak berikutnya.

"Perasaan mendapatkan sesuatu yang istimewa untuk klub itu sangat fantastis. Sekarang kami harus menghadapi semifinal dan berusaha mencapai final," kata Enrique selepas laga dilansir laman resmi UEFA.

Baca Juga: Barcelona vs PSG: Misi Putus Kutukan dalam Duel Tiki-Taka

2. PSG momok Barcelona

Pecundangi Barcelona, PSG Putus Rekor Buruk di Liga ChampionsBarcelona gugur setelah keok 0-4 dari PSG di perempat final Liga Champions musim 2023/24, Rabu (17/4/2024). (uefa.com).

PSG juga mencatat rekor baru, yakni jadi tim yang paling sering menyingkirkan Blaugrana di fase gugur Liga Champions. Sejauh ini, mereka sudah memaksa Barcelona angkat koper tiga kali.

Momen itu terjadi di perempat final 1994/95, 16 besar 2020/21 dan perempat final dini hari WIB tadi.

3. PSG disakiti mantan

Pecundangi Barcelona, PSG Putus Rekor Buruk di Liga ChampionsOusmane Dembele (psg.fr)

Dalam kemenangan ini, Barcelona disakiti oleh mantan pemainnya, Ousmane Dembele. Dia sukses mencatak satu gol dalam dua pertemuan dengan mantan klubnya.

Fakta menariknya, jumlah itu sama banyaknya dengan koleksi gol Dembele bersama Barcelona di Liga Champions.

Hal tersebut membuat Dembele tak mendapat sambutan baik ketika kembali ke Catalan. Dembele disoraki suporter Barcelona ketika ditarik keluar menit 88.

Baca Juga: Barcelona vs PSG: Bukan Adu Pintar Xavi dan Enrique

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya