Pelatih Australia Sanjung Timnas Indonesia yang Merepotkan

Arnold apresiasi permainan Timnas

Jakarta, IDN Times - Pelatih Australia, Graham Arnold, menyanjung kinerja Timnas Indonesia dalam duel di babak 16 besar Piala Asia 2023, Minggu (28/1/2024). Menurut Arnold, Pasukan Garuda tampil impresif dan merepotkan.

The Socceroos memang menang dengan skor besar atas tim asuhan Shin Tae Yong, empat gol tanpa balas di Jassim Bin Hamad Stadium. Namun, pendekatan anak-anak asuh Shin Tae Yong, khususnya di babak pertama, buat Arnold kagum.

1. Timnas menyulitkan di babak pertama

Pelatih Australia Sanjung Timnas Indonesia yang MerepotkanTimnas Indonesia lawan Australia di Piala Asia. (Dok. PSSI)

Timnas mencatatkan start bagus, dengan menekan pertahanan Australia. Setidaknya, Australia kesulitan untuk mengembangkan permainan, hingga menit duel berjalan 11 menit.

Namun, situasi berbalik setelah sepakan Jackson Irvine yang mengenai Elkan Baggott menggetarkan jala Timnas Indonesia, menit 12. Ivar Jenner dan kolega kian kesulitan setelah Martin Boyle menggandakan keunggulan jelang jeda turun minum.

Pada paruh kedua, Timnas kembali jadi pesakitan. Mereka kurang tenang dalam memegang bola. Salah umpan sering terlihat, yang membuat mereka tak mampu mengembangkan permainan. Pada akhirnya, Timnas keok 0-4.

"Kredit untuk Indonesia, mereka mempersulit kami!" kata Arnold selepas laga dilansir laman resmi AFC.

Baca Juga: Saran Shin Tae Yong Agar Timnas Indonesia Bagus: Kuatkan Lagi Liga 1

2. Ketajaman Australia jadi titik balik

Pelatih Australia Sanjung Timnas Indonesia yang MerepotkanTimnas Indonesia lawan Australia di Piala Asia. (Dok. PSSI)

Ketajaman Australia, menurut Arnold, menjadi titik balik. Arnold menyatakan hal tersebut jadi pembeda antara Australia dan Timnas. Sebab, ketika Australia mencetak banyak gol, mental para pemain Australia jadi hancur.

"Secara fisik, mereka besar dan kuat. Itu adalah pertandingan yang sulit, namun kualitas kami di lni depan terlihat hari ini. Hal-hal yang kami kerjakan, seperti kombinasi serangan dalam latihan berhasil," ujar Arnold.

3. Australia lawan siapa di perempat final?

Pelatih Australia Sanjung Timnas Indonesia yang MerepotkanPara pemain Australia saat merayakan gol saat mentas di Piala Asia 2023. (socceroos.com.au)

Kemenangan Australia memaksa Timnas untuk angkat koper. Setidaknya, skuad Garuda berhasil mengukir sejarah. Untuk pertama kalinya, mereka berhasil lolos ke babak 16 besar.

Sedangkan, The Socceroos bakal mendapat ujian di perempat final. Dalam partai tersebut, Australia harus menghadapi pemenang dari bentrok Arab Saudi kontra Korea Selatan yang baru dijadwalkan kick-off pada 30 Januari 2023.

Baca Juga: Shin Tae Yong di Antara Korea, Indonesia, dan Australia di Piala Asia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya