Pelatih Timnas Wanita Indonesia Asal Jepang Segera Tiba, Siapa?

Akan datang ke Indonesia 19 Februari 2024

Jakarta, IDN Times - PSSI segera memperkenalkan pelatih Timnas Wanita Indonesia yang berasal dari Jepang. Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut, sosok pelatih tersebut akan tiba di Indonesia pada 19 Februari 2024 mendatang.

Jabatan pelatih Timnas Wanita Indonesia memang sudah kosong sejak lama. Itu setelah Rudy Eka Priyambada mundur dari kursi kepelatihan dan merapat ke Gresik United pada 1 Agustus 2023 lalu.

"Pada tanggal 19 Februari, pelatih tim nasional (wanita) kita yang berasal dari Jepang akan hadir di sini," kata Erick saat ditemui di FX Sudirman, Senin (22/1/2024).

Baca Juga: Erick Thohir: Kalau Timnas Indonesia Loyo Lawan Jepang, Jangan Pulang

1. Siapa sosok pelatih anyar Timnas Wanita Indonesia?

Pelatih Timnas Wanita Indonesia Asal Jepang Segera Tiba, Siapa?Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat menghadiri peluncuran PSSIxERSPO, Senin (22/1/2024). (IDN Times/Tino)

Hanya saja, Erick belum menjelaskan secara gamblang terkait sosok pelatih anyar yang bakal melatih Claudia Scheunemann dan kawan-kawan. Kisi-kisi yang diberikan adalah mantan pelatih Timnas Jepang.

"Dia pelatih yang membawa tim nasional Jepang ke Piala Dunia," ujar pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

2. PSSI gak asal tunjuk

Pelatih Timnas Wanita Indonesia Asal Jepang Segera Tiba, Siapa?Potret Timnas Wanita Indonesia. (pssi.org).

Eks Presiden Inter Milan itu juga menyatakan kalau calon pelatih Timnas Wanita Indonesia bukan sosok yang sembarangan. Menilik rapornya, menurut Erick, pelatih yang akan didatangkan punya kualitas bagus.

"Jadi, kami lihat track record-nya, bukan asal ambil," kata Erick.

3. Selain pelatih, kapan sepak bola wanita punya kompetisi?

Pelatih Timnas Wanita Indonesia Asal Jepang Segera Tiba, Siapa?Ketua Umum PSSI, Erick Thohir saat menghadiri peluncuran PSSIxERSPO, Senin (22/1/2024). (IDN Times/Tino)

Sebenarnya bukan hanya pelatih yang dinanti-nanti penggawa Timnas Wanita Indonesia. Mereka juga masih menantikan kompetisi yang urung bergulir hingga kini.

Kompetisi sepak bola wanita sudah mati suri sejak 2019 lalu. PSSI sempat menjanjikan bakal kembali menggulirkannya pada tahun ini. Menarik untuk dinantikan, apakah misi ini bisa diwujudkan federasi?

"Sedang kami susun formatnya seperti apa, setelah itu tinggal dipresentasikan ke Ketum PSSI (Erick Thohir). Kalau oke, ya go. Waktunya segera ditentukan," kata Komite Eksekutif PSSI, Vivin Cahyani, usai peresmian Supersoccer Arena, di Kudus, 3 September 2023 lalu.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya