Peran Vital Nathan Tjoe-A-On di Lini Tengah Timnas U-23

Ini statistik Nathan di Piala Asia U-23

Jakarta, IDN Times - Nathan Tjoe-A-On berhasil mencuri perhatian lewat performa impresifnya bersama Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Kehadirannya berhasil menjadi pelengkap puzzle tim racikan Shin Tae Yong.

Nathan punya peran yang begitu vital dalam skema permainan Shin Tae Yong. Bek SC Heerenveen itu mampu membuat penampilan Garuda Muda lebih hidup, meski tidak bermain di posisi aslinya.

1. Nathan disulap Shin Tae Yong sebagai gelandang

Peran Vital Nathan Tjoe-A-On di Lini Tengah Timnas U-23Pelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong. (Dok. PSSI)

Dalam petualangannya bersama skuad Garuda Muda di Piala Asia U-23 2024, Nathan disulap Shin Tae Yong sebagai gelandang. Pemain kelahiran Rotterdam itu mampu menjaga kedalaman tim dan daya jelajahnya cukup tinggi.

Sebagai gelandang, Nathan mampu memberikan kontribusi yang cukup besar. Catatan Lapangbola, dia mampu melepaskan enam umpan kunci, enam tekel sukses dan dua intercept.

Baca Juga: Doa Buat Nathan Tjoe-A-On: Semoga Langsung Balik Timnas U-23

2. Jadi kunci kemenangan kontra Australia

Peran Vital Nathan Tjoe-A-On di Lini Tengah Timnas U-23Nathan Tjoe-A-On sah menjadi WNI. (Instagram/@nathantjoeaon).

Nathan juga menjadi salah satu inspirator kemenangan Timnas U-23 atas Australia pada matchday 2 Grup A. Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti berbuah menjadi gol usai dibelokkan Komang Teguh.

Bek 22 tahun itu juga mencatatkan 75 umpan sukses dalam 219 menit penampilannya bersama Timnas U-23. Pada akhirnya, performanya mampu mengantarkan Garuda Muda ke perempat final Piala Asia U-23 2024.

3. Nathan absen di perempat final

Peran Vital Nathan Tjoe-A-On di Lini Tengah Timnas U-23Potret debut Nathan Tjoe-A-On bersama Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Namun, cukup disayangkan Nathan harus meninggalkan rekan-rekannya lebih cepat. Dia pulang ke Belanda karena tenaganya dibutuhkan Heerenveen dalam lanjutan Eredivisie pekan 31 yang bergulir pada 24 April 2024.

PSSI sedang berusaha melobi Heerenveen. Federasi berharap klub bisa memberikan restu agar Nathan dapat membantu misi Timnas U-23 ke Olimpiade.

"Setelah pertandingan Nathan kembali ke Belanda. Federasi sedang berusaha berkominasi dengan klubnya agar ada kelonggaran untuk bisa kembali bergabung," ujar Exco PSSI, Sumardji kepada IDN Times.

Baca Juga: Nathan Cabut dari Timnas U-23, PSSI: Sesuai Kesepakatan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya