Perwakilan FIFA: Liga 1 Sudah Siap Terapkan VAR

Prosesnya masih panjang

Jakarta, IDN Times - Rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) pada babak championsip series Liga 1 musim 2023/24 tampaknya bisa terwujud. Itu karena PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mendapat lampu hijau dari perwakilan FIFA.

Hal itu diutarakan instruktur VAR FIFA asal Malaysia, Subkhiddin Mohammad di sela-sela uji coba tahap terakhir di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Senin (25/3/2024). Hasilnya memuaskan dan siap diterapkan di championship series.

"Dari sudut pandang kami (instruktur yang ditugaskan), sudah siap. Tapi kami masih perlu mendapatkan konfirmasi dari FIFA," kata Subkhiddin.

1. SDM juga sudah siap

Perwakilan FIFA: Liga 1 Sudah Siap Terapkan VARPotret uji coba VAR di Indomilk Arena, Senin (25/3/2024). (IDN Times/Tino).

Sejumlah wasit dan asistennya yang sudah memiliki lisensi VAR mempertegas kesiapan Liga 1 menerapkan teknologi tersebut. Sejauh ini, sudah ada puluhan perangkat pertandingan yang telah mengantongi lisensi VAR.

"Di Liga1 ada 13 wasit dan 22 asisten wasit yang sudah punya linsensi VAR," kata Project Manager PT LIB, Muhammad Syafiq.

Baca Juga: LIB dan Kementerian PUPR Bersinergi demi VAR di Liga 1

2. Masih banyak yang akan menyusul

Perwakilan FIFA: Liga 1 Sudah Siap Terapkan VARUji coba VAR di Stadion Manahan Solo. (IDN Times/Tino)

Ke depannya, Indonesia akan memiliki lebih banyak wasit dan asisten yang mengantongi lisensi VAR. Sebab, dalam uji coba, sebagian dari mereka sudah dianggap layak naik kelas.

"Setelah ini banyak calon yang lulus. Mereka sedang diproses. Saya juga sedang melengkapkan laporan agar mereka mendapatkan lisensi. Tapi, mungkin ada satu sampai tiga dari mereka yang masih perlu latihan lagi," ujar Subkhiddin.

3. Semua stadion di Liga 1 siap pakai VAR

Perwakilan FIFA: Liga 1 Sudah Siap Terapkan VARUji coba VAR dalam final EPA U-20 Liga 1 2023/24, di Stadion Manahan, Solo, Kamis (7/3/2024). (IDN Times/Tino)

Secara infrastruktur, seluruh stadion yang terverifikasi di Liga 1 seluruhnya siap menggunakan VAR. Namun, hanya tiga stadion (Gelora Bung Tomo, Manahan, dan Kapten I Wayan Dipta) yang bisa diinstalasi Video Operation Room (VOR), karena memiliki ruang lebih.

"InsyaAllah semua stadion sudah siap. VAR akan kami install di dalam tiga stadion dan 12 lainnya memakai campervan," kata Syafiq.

Baca Juga: Coach Bojan Ingin VAR Segera Diterapkan untuk BRI Liga 1

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya