Piala AFF U-23 Bukan Prioritas, Pelatih Malaysia: Uji Coba Pemain Baru

Sama-sama tak diperkuat pemain andalan

Jakarta, IDN Times - Timnas U-23 Indonesia dapat angin segar jelang menghadapi Malaysia U-23 di laga pembuka Piala AFF U-23 2023, Jumat (18/8/2023). Calon lawannya itu juga bertolak ke Thailand dengan skuad seadanya.

Hal itu diungkapkan Elangowan Elavarasan. Pelatih kelahiran Selangor itu juga tak mampu memanggil pemain terbaiknya untuk memperkuat Harimau Malaya Muda di Piala AFF.

"Kami memiliki masalah yang sama. Saya tidak bisa mendapatkan beberapa pemain karena liga masih berjalan," kata Elavarasan dalam jumpa pers mengutip New Straits Times.

1. Piala AFF juga sasaran antara buat Malaysia

Piala AFF U-23 Bukan Prioritas, Pelatih Malaysia: Uji Coba Pemain BaruPotret Malaysia U-23 latihan jelang Piala AFF U-23 2023. (Twitter/@FAM_Malaysia).

Elavarasan juga tak menargetkan apa pun di ajang ini. Itu karena Piala AFF U-23 bukan prioritasnya. Dia lebih fokus ke timnya bisa tampil maksimal di kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang digelar tahun ini.

"Target utama kami adalah kualifikasi Piala Asia U-23 bulan depan, di mana kami berharap mendapatkan hasil yang baik," ujar Elavarasen.

Baca Juga: Timnas U-23 Jadikan Piala AFF Ajang Uji Kematangan

2. Cuma mau kasih pengalaman

Piala AFF U-23 Bukan Prioritas, Pelatih Malaysia: Uji Coba Pemain BaruPotret latihan Malaysia U-23. (Twitter/@FAM_Malaysia).

Pelatih berusia 61 tahun itu juga ingin menjadikan Piala AFF U-23 ini untuk memberikan pengalaman pertandingan internasional kepada sejumlah wajah baru di skuad Harimau Malaya. Itu sebagai modal sebelum berlaga di kualifkiasi Piala Asia U-23.

"Kami akan menguji beberapa pemain baru di sini," terang Elavarasen.

3. Haruskah Piala AFF U-23 dihapus?

Piala AFF U-23 Bukan Prioritas, Pelatih Malaysia: Uji Coba Pemain BaruPelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, jelang duel lawan Malaysia di Piala AFF U-23 (Dokumentasi PSSI)

Permasalahan ini membuat pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae Yong, melontarkan kritik pedas kepada Sub-konfederasi Asia Tenggara, AFF. Shin dengan tegas meminta agar Piala AFF U-23 dihapus.

Shin beranggapan turnamen ini merugikan kelangsungan kompetisi lokal negara peserta. Dia sebelumya kesulitan mempersiapkan tim dan baru mulai pemusatan latihan (TC) pada pekan lalu.

"Saya berharap turnamen ini tidak ada lagi ke depannya," kata Shin sewaktu TC di Jakarta.

Jadi, haruskah Piala AFF U-23 dihapuskan dari kalender?

Baca Juga: Malaysia Remehkan Timnas U-23 di Piala AFF

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya