PSS Sleman Ogah Lepas Hokky Caraka ke Timnas Indonesia U-23

Gejolak penolakan terus berlanjut

Jakarta, IDN Times - Gejolak penolakan klub Liga 1 untuk melepas pemain ke Timnas Indonesia U-23 masih berlanjut. Kini, giliran PSS Sleman yang enggan melepas pemain muda andalannya, Hokky Caraka, untuk berlaga di Piala Asia U-23 pada 15 April hingga 3 Mei 2024 mendatang.

Penolakan itu ditegaskan oleh pelatih PSS, Risto Vidakovic, usai membungkam Bhayangkara FC dengan skor 4-1 di Stadion PTIK, Kamis (22/2/2024). Risto menolak karena Piala Asia bentrok dengan jadwal Liga 1.

Sebelumnya, Persija Jakarta dan Borneo FC yang sudah lebih dulu terang-terangan untuk tak melepas pemain andalannya ke Timnas U-23.

1. PSS rugi lepas Hokky

PSS Sleman Ogah Lepas Hokky Caraka ke Timnas Indonesia U-23potret Hokky Caraka (instagram.com/hokkycaraka_)

Hokky menjadi salah satu pemain Super Elja yang berpotensi dipanggil Shin Tae Yong untuk memperkuat Garuda Muda. Namun, Risto berat melepas Hokky, karena membutuhkannya untuk mengisi slot pemain U-23 dalam regulasi di setiap pertandingan.

"Dia pemain penting untuk kami. Saya tidak bisa melepasnya begitu saja," kata Risto selepas laga.

Baca Juga: Soal Pemain untuk Timnas U-23, PSSI dan Klub Liga 1 Belum Sepakat

2. Hokky punya peran penting

PSS Sleman Ogah Lepas Hokky Caraka ke Timnas Indonesia U-23Jumpa pers PSS Sleman usai tekuk Bhayangkara FC, Kamis (22/2/2024). (IDN Times/Tino).

Bomber 19 tahun itu memang tidak begitu produktif. Dalam 22 penampilan bersama Super Elja, Hokky baru menyumbang empat gol dan satu assist.

Namun, Risto menyebut kalau pria kelahiran Gunung Kidul itu memiliki peran penting dalam skema permainannya. Dia juga membutuhkan Hokky untuk membukukan hasil positif di sisa putaran kedua Liga 1.

"Kami butuh dia pada sisa laga musim ini. Sulit bagi saya untuk melepaskannya saat kompetisi berjalan," ujar Risto.

3. Klub tak langgar aturan

PSS Sleman Ogah Lepas Hokky Caraka ke Timnas Indonesia U-23Potret Hokky Caraka saat Timnas Indonesia melawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI).

Pilihan juru taktik 55 tahun itu sebenarnya tidak menyalahi aturan. Sebab, Piala Asia U-23 tidak masuk dalam agenda resmi FIFA. Dalam kasus ini, klub memang diperbolehkan untuk menahan pemain.

"Berbeda jika jeda kompetisi dan Timnas memanggilnya, saya pasti gak masalah," ucap Risto.

Baca Juga: Klub Liga 1 Tolak Lepas Pemain ke Timnas U-23, PSSI: Pasti Ada Jalan

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya