PSSI Jadikan Premier League Acuan Penilai Wasit di Indonesia

PSSI gelar seleksi dan kursus penilai wasit baru

Jakarta, IDN Times - PSSI kembali menggelar seleksi dan kursus penilai wasit baru, yang sudah berlangsung dari 14-18 Februari 2024. Total ada 20 calon penilai wasit yang ikut serta dalam kegiatan ini.

PSSI ingin menambah personel penilai wasit, yang masih dianggap kurang. Sebab, hingga saat ini, federasi pimpinan Erick Thohir hanya memiliki 26 penilai wasit yang aktif.

1. PSSI mau tiru standar Premier League

PSSI Jadikan Premier League Acuan Penilai Wasit di IndonesiaPSSI gelar seleksi dan kursus penilai wasit baru. (pssi.org).

Seleksi dan kursus penilai wasit baru itu berlangsung di Jakarta. Kendati sudah dimulai sejak 14 Februari 2024 lalu, Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria baru membuka acara tersebut pada 15 Februari 2024.

Dilansir laman resmi PSSI, Tisha menyatakan, jumlah penilai wasit di Indonesia masih begitu kurang. Harapnya, Indonesia bisa mendekati standar dari Premier League.

Baca Juga: Pelatihan VAR untuk Liga 1 Berlanjut, Diikuti Puluhan Wasit

2. Dibantu instruktur wasit FIFA

PSSI Jadikan Premier League Acuan Penilai Wasit di IndonesiaPSSI gelar seleksi dan kursus penilai wasit baru. (pssi.org).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Instruktur Wasit FIFA, Mohamad Rodzali. Dia undang untuk memberikan materi dan didampingi oleh Jimmy Napitupulu, Purwanto dan Agus Haryono.

Materi yang dibahas tentu saja terkait pemahaman peraturan sepak bola dalam mengawal suatu pertandingan, hingga mengenai VAR.

3. Apa tugas penilai wasit?

PSSI Jadikan Premier League Acuan Penilai Wasit di IndonesiaPSSI gelar seleksi dan kursus penilai wasit baru. (pssi.org).

Para calon penilai wasit, disebut Rozali, harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan wasit di lapangan. Mereka juga perlu memahami mengenai peraturan di sepak bola (law of fhe game) itu sendiri.

Fungsi dan tugas mereka sendiri adalah membantu wasit dan asisten wasit yang berada di lapangan, untuk nantinya saling berkoordinasi agar pertandingan sepak bola berjalan dengan baik.

Berikut 20 peserta kursus penilai wasit baru, ada wasit idola kamu?

  1. Ficky Pangerapan - Sulawesi Utara
  2. Suaidi Yunus - Aceh
  3. Su'aid Sulaemi - Jawa Timur
  4. Akhyar - Riau
  5. Najamuddin Aspiran - Kalimantan Timur
  6. Edi Permana - Jawa Barat
  7. Maslah Ihsan - Sumatera Utara
  8. Retu Slamet Wijaya - Jawa Timur
  9. Aries Papuling - Maluku Utara
  10. Kuspriyanto - Jawa Barat
  11. Dwi Susilo - DKI Jakarta
  12. Oky Dwi Putra Senjaya - Jawa Barat
  13. Iwan Sukoco - Jawa Timur
  14. Juhandri Setiana - DKI Jakarta
  15. Ruli - Jawa Timur
  16. Bardan Landihae - Kalimantan Barat
  17. Tabrani - Jawa Timur
  18. Muhammad Khisfan - Bengkulu
  19. Nusur Fadilah - DKI Jakarta
  20. Fariq Hitaba - D.I Yogyakarta

Baca Juga: Jalan Panjang Wasit Indonesia Jadi Operator VAR di Liga 1

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya