Rumput Sintetis Rawan Cedera, Pemilihan Sepatu Harus Tepat!

Harus pakai sepul khusus lapangan sintetis

Jakarta, IDN Times - Lapangan mini soccer saat ini tengah menjadi favorit sebagai alternatif bermain sepak bola. Itu karena ukuran lapangannya lebih kecil, tetapi sensasi mengolah si kulit bundar tidak jauh berbeda.

Hampir setiap lapangan mini soccer menggunakan rumput sintetis. Nah, dalam hal ini, pencinta sepak bola ternyata tidak boleh asal memakai sepatu karena rawan terpeleset yang berujung mengalami cedera.

Laga Timnas Indonesia melawan Filipina dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 November 2023 lalu bisa menjadi contoh. Rizal Memorial Stadium yang memakai rumput sintetis membuat Marc Klok dan kawan-kawan kerap terpeleset.

1. Pakai sepatu khusus rumput sintetis

Rumput Sintetis Rawan Cedera, Pemilihan Sepatu Harus Tepat!Legenda futsal Indonesia, Vernard Hutabarat dalam peluncuran Catalyst Weave AG. (Dok. Istimewa).

Karena mini soccer tengah menjadi pilihan favorit Generasi Milenial dan Gen-Z, banyak brand sepatu sepak bola berlomba-lomba menghadirkan sepatu khusus lapangan sintetis.

Salah satunya Ortuseight yang baru saja meluncurkan sepatu dengan outsole khusus lapangan rumput sintetis, yakni Catalyst Weave AG

"Kalau dulu kan lapangan futsal itu banyak ya. Nah sekarang ini eranya lapangan mini soccer yang dimana menggunakan jenis rumput sintetis. Ortuseight hadir untuk meramaikan lifestyle para pemain yang bermain mini soccer. Sepatu ini membuat pemakai bisa bergerak lebih aman dan nyaman saat berolahraga di
rumput sintetis," kata Brand Manager Ortuseight, Yuda Amardika dalam peluncurannya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sepatu Mini Soccer Terbaik, Nyaman dan Terjangkau!

2. Dijajal langsung legenda futsal tanah air

Rumput Sintetis Rawan Cedera, Pemilihan Sepatu Harus Tepat!Vernard Hutabarat dalam peluncuran Catalyst Weave AG. (Dok. Istimewa).

Catalyst Weave AG ini dijajal terlebih dahulu oleh legenda futsal tanah air, Vennard Hutabarat sebelum diluncurkan secara resmi. Pria yang akrab disapa Veve itu menyebut kalau sepul tersebut membuatnya merasa aman ketika bermain di lapangan sintetis.

"Dengan adanya sepatu khusus ini, membuat saya semakin terhindar dari cedera ketika melakukan pergerakan berbahaya di rumput sintetis. Seperti kita ketahui bersama bahwa sepatu sepak bola biasa itu dibuat bukan untuk rumput sintetis," kata Vernard Hutabarat.

3. Vernard senang ada brand yang peduli dengan keselamatan pemain

Rumput Sintetis Rawan Cedera, Pemilihan Sepatu Harus Tepat!Rocket Mini Soccer Field (Google Maps/Dimas Adianto)

Karena itu pula, eks Timnas Futsal Indonesia itu menyambut positif kiat dari Ortus. Veve senang ada brand yang mementingkan keselamatan pemain di atas lapangan.

"Kita tahu bersama bahwa lapangan rumput sintetis ini banyak disukai orang. Jadi saya bersyukur Ortuseight bisa membuat sepatu khusus rumput sintetis. Saya pikir ini pertama kalinya brand lokal bisa membuat sepatu tersebut," ujar Vernard.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Sepatu Bola Ortuseight Terbaik, Berkualitas!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya