Rumput SUGBK Mengkhawatirkan, Erick Thohir Semprot Pengelola

Pengelola harus prioritaskan kesehatan rumput

Jakarta, IDN Times - Rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) saat Timnas Indonesia U-20 menjamu Thailand U-20 terlihat mengkhawatirkan, Jumat (26/1/2024). Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, yang menonton secara langsung pun dibuat kesal.

Rumputnya memang terlihat kurang segar. Di beberapa area terlihat berwarna kecokelatan. Kondisi itu membahayakan para pemain, karena rawan terpeleset saat berlari di atas lapangan.

"Kondisi rumput kurang maksimal," kritik Erick Thohir ketika disinggung soal rumput selepas laga.

1. Prioritaskan kesehatan rumput

Rumput SUGBK Mengkhawatirkan, Erick Thohir Semprot PengelolaKetua Umum PSSI, Erick Thohir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (26/1/2024). (IDN Times/Tino)

Erick pun meminta pihak pengelola (PPKGBK) untuk lebih memprioritaskan kesehatan rumput. Menurut Erick, rumput SUGBK yang terlihat mengkhawatirkan disebabkan padatnya penyewaan di tengah musim hujan.

"Memang perawatan rumput tidak mudah. Kondisi cuaca memang lagi musim hujan, ada banyak penyewaan, jadi rumputnya kelihatan tidak berkembang. Saya meminta pengurus GBK agar lebih dijaga, sayang soalnya aset nasional," kata Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Masih Belum Bisa Jamin Nasib Shin Tae Yong

2. Alur penyewaan harus lebih terjadwal

Rumput SUGBK Mengkhawatirkan, Erick Thohir Semprot PengelolaRibuan anggota muslimat Nahdlatul Ulama (NU) memenuhi acara Zikir, Doa, dan Sawalat menyambut Harlah ke-101 NU dan Harlah ke-78 Muslimat NU untuk Kemaslahatan Indonesia di SUGBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). (IDNTimes/Margith Juita Damanik)

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu berharap, jadwal penyewaan SUGBK untuk konser atau kepentingan lain bisa lebih tertata. PPKGBK harus memberikan jarak penyewaannya, agar rumput bisa lebih sehat.

"Kalau menurut saya, itu tinggal dipikirin perhitungan waktunya. Waktu itu Coldplay kan pernah rumput ada pemulihan berapa lama, bisa dihitung dari situ. Cuma, setelah rumput ditutup karena konser Coldplay, besoknya disewain lagi. Itu gak bisa. Mestinya ada jeda seminggu untuk perawatan, baru ada event lagi. Gak bisa terus menerus," ujar Erick.

3. PPKGBK harus gerak cepat

Rumput SUGBK Mengkhawatirkan, Erick Thohir Semprot PengelolaPotret Jordi Amat saat Timnas Indonesia melawan Vietnam, Jumat (19/1/2024). (Dok. PSSI).

PPKGBK pun dituntut untuk gerak cepat, mengingat SUGBK bakal dipakai Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Skuad Garuda dijadwalkan menjamu Vietnam pada 21 Maret 2024 mendatang.

"Semoga manajemen bisa menjaga, apalagi Maret nanti ada Kualifikasi Piala Dunia," kata mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Baca Juga: Erick Thohir Angkat Menantu Luhut Jadi Komisaris Utama Pindad

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya