Sandy Walsh dan Jordi Amat ke Jakarta, Jalani Sumpah Jadi WNI! 

Sandy dan Jordi Segera gabung Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Dua pemain keturunan, Sandy Walsh dan Jordi Amat dipastikan untuk diambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Kamis (17/11/2022). Hal itu diungkapkan Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan.

"Saya baru saja mendapatkan kabar bahwa 17 November 2022, Sandy Walsh dan Jordi Amat akan disumpah oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebagai WNI," tulis Iriawan di Instagram pribadinya.

1. Sandy dan Jordi langsung ke Jakarta

Sandy Walsh dan Jordi Amat ke Jakarta, Jalani Sumpah Jadi WNI! potret Sandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Setelah mendapat kabar itu, Iriawan langsung meminta Sandy dan Jordi untuk segera ke Jakarta. Sandy sudah dalam perjalanan, dia berangkat pada Rabu (16/11/2022) dini hari WIB, seperti yang terlihat di cerita Instagram pribadinya.

"On the way Jakarta, Indonesia," tulis Sandy di cerita Instagramnya.

Baca Juga: Jelang Disumpah, Sandy Walsh Menghafal Lagu Indonesia Raya di Pesawat

2. Keppres sudah turun pekan lalu

Sandy Walsh dan Jordi Amat ke Jakarta, Jalani Sumpah Jadi WNI! Menpora RI, Zainudin Amali saat menunjukkan Keppres pengambilan sumpah Sandy dan Jordi. (IDN Times/Tino).

Surat Keputusan Presiden (Keppres) untuk memberikan Sandy dan Jordi status WNI sebenarnya sudah turun sejak 9 November 2022 lalu. Turunnya Keppres dikonfirmasi langsung Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainudin Amali.

"Ini ada dua ya [suratnya] untuk Sandy dan Jordi. Karena kompetisi masih jalan, dugaan saya mereka akan disumpah secara virtual, karena tidak mungkin ke Indonesia," kata Amali yang mengira jadwal sumpah tak jauh setelah Keppres turun.

3. Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa main di AFF

Sandy Walsh dan Jordi Amat ke Jakarta, Jalani Sumpah Jadi WNI! Jordi Amat, calon pemain Timnas Indonesia (IDN Times/Sandy Firdaus)

Dengan begitu, Sandy dan Jordi bisa segera membela Timnas Indonesia. Keduanya bisa melakoni debut di ajang terdekat, yakni Piala AFF 2022, pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang.

Adapun Shayne Pattynama yang masih dalam proses naturalisasi. Namun, dia diprediksi tidak bisa melakoni debutnya bareng Sandy dan Jordi, lantaran dokumennya telat masuk.

Baca Juga: Sandy Walsh dan Jordi Amat Segera Disumpah Jadi WNI, Shayne Menyusul

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya