Semifinal Piala Asia 2023: Potensi Duel Raja Asia di Final

Korea Selatan jumpa Yordania, Qatar diuji Iran

Jakarta, IDN Times - Piala Asia 2023 Qatar akhirnya memasuki semifinal. Formasinya sudah lengkap dan dipastikan menyajikan duel seru, yang bakal berlangsung pada 6 dan 7 Februari 2024 mendatang.

Sebanyak dua tiket terakhir, sukses disabet Iran dan Qatar setelah berduel sepanjang Sabtu (3/2/2024). Mereka menyusul Korea Selatan dan Yordania telah lebih dulu melangkah ke semifinal.

1. Korea Selatan jumpa tim kuda hitam

Semifinal Piala Asia 2023: Potensi Duel Raja Asia di FinalPemain Yordania coba melewati adangan penggawa Tajikistan dalam laga babak perempat final yang berlangsung di Ahmad bin Ali Stadium, Jumat (2/2/2024). (Twitter/@JordanFA)

Korea Selatan bakal bersua Yordania di Ahmed bin Ali Stadium pada 6 Februari 2024 mendatang. Secara peringkat FIFA, Taeguk Warriors tentu lebih difavoritkan untuk menang.

Namun, Son Heung Min dan kawan-kawan diprediksi tidak akan menang mudah dalam laga nanti. Itu terlihat dalam pertemuan mereka di fase grup.

Kala itu, Yordania berhasil memaksa Korea Selatan bermain imbang dengan skor 2-2. Bahkan, Yordania nyaris menang andai Yazan Al Arab tak membuat gol bunuh diri saat masa injury time.

Baca Juga: Iran Singkirkan Jepang, Melaju ke Semifinal Piala Asia 2023

2. Tuan rumah jumpa Raja Asia

Semifinal Piala Asia 2023: Potensi Duel Raja Asia di FinalJepang melawan Iran pada babak perempat final Piala Asia 2023. (instagram.com/japanfootballassociation)

Di sisi lain, Qatar selaku tuan rumah mendapat lawan yang berat. Mereka harus berjumpa Iran yang berstatus peringkat kedua di Asia dalam turnamen ini, pada 7 Februari 2024 mendatang.

Namun, ada fakta menarik yang menyelimuti laga ini. Iran dan Qatar menempuh jalur yang sama untuk melaju ke semifinal, yakni menang dengan dramatis.

Iran lolos setelah menyingkirkan Jepang berkat mendapat penalti jelang peluit panjang dibunyikan. Sedangkan, Qatar menang tos-tosan atas Uzbekistan.

3. Korea Selatan selangkah lagi tuntaskan misi

Semifinal Piala Asia 2023: Potensi Duel Raja Asia di FinalPotret Timnas Korea Selatan. (Twitter/@theKFA).

Dengan begini, misi Korea Selatan selangkah lagi tuntas. Mereka memang membidik gelar juara, tepat sebelum turnamen ini dimulai.

Pelatih Korea Selatan, Juergen Klinsmann, sengaja membawa para pemain bintangnya di Eropa demi memuluskan misi mengangkat trofi. Klinsmann ingin memulangkan trofi Piala Asia yang sudah lama tak disabet Korea Selatan sejak 64 tahun lalu.

Baca Juga: Free Kick Indah Son Heung Min Bantu Korsel ke Semifinal Piala Asia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya