Sempat Unggul, Timnas U-17 Ditahan Ekuador 1-1

Fisik skuad Garuda Asia di babak kedua menurun

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-17 mengawali langkah kurang mulus di Piala Dunia U-17 2023. Bersua Ekuador U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo pada Jumat (10/11/2023), Garuda Asia hanya mampu bermain imbang 1-1.

Timnas U-17 sejatinya mengawali laga dengan begitu baik. Tim besutan Bima Sakti ini mampu mendominasi penguasaan bola sejak kick-off dimulai. Mereka bahkan sempat memaksa Ekuador bertahan cukup dalam.

Kombinasi umpan yang dipertontonkan pun cukup meyakinkan, meski belum sempurna. Serangan yang dibangun dari kedua sisi sayap berjalan efektif untuk menebar ancaman.

Skema tersebut akhirnya berbuah manis pada menit 22. Berawal dari serangan balik, Riski Afrisal berhasil menusuk ke jantung pertahanan Ekuador. Arkhan Kaka yang tak terkawal berhasil menyambar umpan tarik Riski untuk membawa rekan-rekannya unggul lebih dulu.

Hanya saja, Garuda Asia justru hilang konsentrasi usai memimpin jalannya laga. Fokus mereka buyar yang membuat Ekuador menyamakan kedudukan berkat tandukan Allen Obando delapan menit kemudian.

Lambatnya reaksi Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan nyaris dihukum Ekuador. Beruntung, gol pembalik kedudukan Jair Collahuazo menit 45+1 dianulir VAR. Skor 1-1 bertahan hingga jeda turun minum.

Intensitas Indonesia menurun di paruh kedua. Sederet kesalahan umpan juga dipertontonkan yang membuat aliran bola Indonesia tak berjalan efektif.

Situasi tersebut berhasil dimanfaatkan Ekuador untuk menggempur pertahanan yang digalang Welber Jadim dan kolega secara masif.

Pergerakan Michael Burmudez menjadi momok bagi Indonesia. Beruntung, sederet peluang emas yang didapat Burmudez gagal dieksekusi dengan baik.

Memasuki menit 70, pemain Timnas U-17 mulai banyak yang berjatuhan. Fisik mereka terkuras meladeni tempo tinggi yang dimainkan tim besutan Diego Martinez.

Permainan skuad Garuda Asia kian tak terarah saat duel memasuki menit krusial. Indonesia tak mampu melancarkan serangan balik dengan efektif imbas kesalahan umpan yang selalu dipertontonkan.

Ikram Al Giffari yang tampil gemilang di bawah mistar bak penyelamat Timnas U-17. Ikram melakukan sejumlah penyelamatan gemilang yang membuat barisan depan Ekuador frustasi.

Aksi Ikram sekaligus membantu Timnas U-17 mengamankan satu poin di laga perdananya. Itu karena skor 1-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Baca Juga: Berkat VAR, Timnas U-17 Masih Imbangi Ekuador di Babak Pertama

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya