Senyum Jay Idzes Usai Sah Jadi Amunisi Baru Timnas

Jay Idzes tak sabar sembuh untuk membela Timnas

Jakarta, IDN Times - Raut wajah bek Venezia FC, Jay Idzes, begitu semringah usai sah menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI), Kamis (28/12/2023). Senyum pemain 23 tahun itu tak pernah lepas, saat meladeni pertanyaan awak media.

Jay tetap semringah meski proses pengambilan sumpah kewarganegaraannya molor hampir 30 menit. Setelah rampung, Jay langsung bergegas untuk membuat e-KTP dan paspor untuk dilampirkan dalam perpindahan asosiasi.

"Saya sangat bahagia, akhirnya semua prosesnya sudah rampung," kata Jay Idzes.

1. Kapan Jay Idzes bisa debut?

Senyum Jay Idzes Usai Sah Jadi Amunisi Baru TimnasJay Idzes usai pengambilan sumpah kewarganegaraan, Kamis (28/12/2023). (IDN Times/Tino).

Setelah sah menjadi WNI, Jay belum terlalu memikirkan soal debutnya bersama Pasukan Garuda. Pemain keturunan Belanda itu masih berjuang untuk mengembalikan kebugarannya prima 100 persen.

Penyembuhannya diprediksi masih lama. Setelah menepi 10 pekan dari Venezia, Jay masih harus menunggu beberapa minggu lagi untuk sembuh total dari penyakit oklusi vena retina sebelum kembali merumput.

"Kondisi saya semakin baik, semoga bisa segera bermain dalam beberapa pekan ke depan," ujar Jay.

Baca Juga: Jay Idzes Akhirnya Sah Jadi WNI, Tunggu Waktu Bela Timnas

2. Alasan Jay Idzes bersedia bela Timnas

Senyum Jay Idzes Usai Sah Jadi Amunisi Baru TimnasJay Idzes saat direkrut oleh klub Serie B, Venezia (instagram.com/jayidzes)

Jay juga memiliki alasan khusus terkait pilihannya menjadi WNI. Menurutnya, bermain untuk Timnas merupakan sebuah kehormatan karena membela negara keluarga besarnya.

"Ini adalah sebuah kehormatan bagi saya bisa mewakili bangsa dan keluarga. Kakek dan nenek saya berasal dari Indonesia. Mereka sudah lama pindah ke Belanda. Ini adalah kebanggaan buat saya," kata Jay Idzes.

3. Jay Idzes gak masalah gagal tampil di Piala Asia

Senyum Jay Idzes Usai Sah Jadi Amunisi Baru TimnasJay Idzes, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia. (dok. IDN Times/Istimewa)

Karena naturalisasinya baru rampung, pemain serbabisa kelahiran Mierlo itu dipastikan gagal menjadikan Piala Asia 2023 sebagai panggungnya untuk debut. Selain karena entry by name Piala Asia sudah kedaluwarsa sejak 10 Desember 2023 lalu, kondisi kesehatan Jay belum maksimal.

"Saya harus bugar secepatnya, demi bergabung dengan tim pada periode berikutnya. Mungkin setelah Piala Asia," ujar Jay Idzes.

Baca Juga: Profil Jay Idzes, Pemain Naturalisasi yang Bela Venezia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya