Shin Tae Yong Bela Nathan Tjoe-A-On yang Gak Meyakinkan saat Debut

Nathan masih butuh adaptasi

Intinya Sih...

  • Nathan kurang efektif main di sisi kiri dalam debutnya bersama Timnas Indonesia.
  • Shin Tae Yong memaklumi performa Nathan yang masih butuh adaptasi dengan cuaca di Indonesia.
  • Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam membuat mereka naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, pasang badan terkait performa Nathan Tjoe-A-On yang kurang memuaskan saat bersua Vietnam, Kamis (21/3/2024). Hanya tampil 45 menit sebagai starter dalam debutnya, Nathan kurang efektif main di sisi kiri.

Nathan yang tampil kurang prima pada akhirnya harus digantikan Pratama Arhan setelah jeda. Namun, Shin memaklumi itu karena bek SC Heerenveen tersebut masih membutuhkan adaptasi.

1. Gak mau bandingkan dengan Jay Idzes

Shin Tae Yong Bela Nathan Tjoe-A-On yang Gak Meyakinkan saat DebutPotret Jay Idzes debut bareng Timnas Indonesia saat kalahkan Vietnam di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Performa Nathan bak bumi dan langit dengan Jay Idzes yang juga mengukir debut bersama Timnas saat menekuk Vietnam dengan skor 1-0. Jay tampil begitu solid, hingga dipercaya Shin main 90 menit penuh.

Namun, Shin menampik Nathan bermain buruk. Bek keturunan Belanda itu diklaim tak kalah bagus dari Jay dalam debutnya.

"Jay sangat bagus. Nathan hanya main sebabak karena baru datang dan masih harus beradaptasi dengan cuaca di sini. Intinya, mereka main bagus," kata Shin selepas laga.

Baca Juga: Nathan Tjoe-A-On Ancam Posisi Shayne dan Pratama Arhan di Timnas

2. Pergantian pemain bantu Timnas menang

Shin Tae Yong Bela Nathan Tjoe-A-On yang Gak Meyakinkan saat DebutPotret Shin Tae Yong di pinggir lapangan saat Timnas Indonesia tekuk Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Marselino Ferdinan dan kawan-kawan sebenarnya tampil mandek di babak pertama. Permainan mereka baru berkembang setelah Arhan, Egy Maulana Vikri, dan Sandy Walsh, masuk setelah jeda turun minum.

Kehadiran mereka menjadi kunci kemenangan Timnas. Berawal dari lemparan jauh Arhan, Egy mampu menggetarkan jala Golden Star Warriors.

"Di babak pertama kami tidak terlalu jelek. Tapi, memang kurang kompak karena ada beberapa pemain yang baru pertama kali main. Di babak kedua, kami baru mulai kompak," ujar Shin.

Baca Juga: Reaksi Jay Idzes Usai Ukir Debut Emosional Bareng Timnas Indonesia

3. Jangan berpuas diri, Timnas

Shin Tae Yong Bela Nathan Tjoe-A-On yang Gak Meyakinkan saat DebutSelebrasi Egy Maulana Vikri saat jebol gawang Vietnam di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Dok. PSSI).

Kemenangan ini sekaligus membuat Timnas menyodok ke peringkat kedua di klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dengan kemenangan ini pula, Timnas sukses menjaga asa untuk melaju ke fase ketiga kualifikasi.

Namun, Timnas tak boleh berpuas diri karena perjalanan masih panjang. Skuad Garuda dijadwalkan melawat ke markas Vietnam, Selasa (26/3/2024) dan menjamu Irak serta Filipina pada Juni 2024 mendatang.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bungkam Vietnam dengan Jersey Anyar

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya